Show simple item record

dc.contributor.authorMinsih
dc.contributor.authorRahayu, Sari
dc.date.accessioned2016-02-15T02:44:03Z
dc.date.available2016-02-15T02:44:03Z
dc.date.issued2014-05-31
dc.identifier.citationDepdiknas. 2001. Kurikulum Eerbasls Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta. Depdiknas. Kemdikbud. 2A12. Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian tVasiona/ Tahun Pelajaran 201 1/2012 untuk Perbaikan Mutu Pendidik ( Aplikasi/ Softwere). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Muhsetyo, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD Jakarta: Universitas Terbuka Sardiman. 1986. lnteraksr dan Motivasi Belalar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers Suharta, l Gusti Putu 2001 Matematika Realistik Apa dan Bagaimana. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta BALITBANG DIKNAS. Uno, HB. 2005. Teori Motivasi dan pengukurannya. Analisi di Bidang Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara. Wijaya, A 2A12. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika Yogyakarta. Graha llmu. Widoyoko, EP. 2007. Analisis Pengaruh kieria Guru terhadap Motivasi Belajar Slswa. Hasil Penelitan diambil pada 2 November 2013 dart http.//u m pwr.ac. id//down load/publikasi iImiah/Analisis%20in_ID
dc.identifier.isbn978-602-1145-04-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6644
dc.description.abstractTuluan penelitian ini adalah meningkatkan mativasi b'etajar matematika melalui metode pembelajiran Rea/istlc s Mathematics Edication (RME) dengan menggunakan media bahan 'manipulatif pada siswa kelas V SD /V 03 Popo'ngan Karanganyar tahun pelaiaran 2A13/2A14' Jenis penetit:ian ini adalah penelitian Tinctakan Kelas clengan 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD rVege ri 03 Popongan sejumtah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakttkan melalui obseryasl, wawanaara, ctai dokumentasi. Anatisis data menggunakan teknik analisls data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyaiian data, dan penarikan kesimpulan' Hasil penetitian ini adatah penerapan metode pembetaiaran Reatistic Mathematics Education gME) dengan media bahan manipulatif dapat meningkatkan_ motivasi belaiar pada siswa kelas V SD /V 03 popongan Karanganya'r tahun pelajaran 2013/2014. Sesuai indikator motivasi belajar ditttnlttkkan bahwa secara ktasikat, persentase motivasi belaiar siswa sudah meningkat' pada pra siklus sebe sar 23.74%. siktus / sebesar 50,51% dan pada sik/us // meniadi 89,1%.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectmotivasi belajarin_ID
dc.subjectRealistics Mathematics Education (RME)in_ID
dc.subjectmedia manipulatifin_ID
dc.titlePeningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Realtsttcs Mathemaflcs Educatton (RME) dengan Media Bahan Manipulatif di SD Negeri 03 Popongan Karanganyarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record