dc.contributor.author | Minsih | |
dc.contributor.author | Rahayu, Sari | |
dc.date.accessioned | 2016-02-15T02:44:03Z | |
dc.date.available | 2016-02-15T02:44:03Z | |
dc.date.issued | 2014-05-31 | |
dc.identifier.citation | Depdiknas. 2001. Kurikulum Eerbasls Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta. Depdiknas. Kemdikbud. 2A12. Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian tVasiona/ Tahun Pelajaran 201 1/2012 untuk Perbaikan Mutu Pendidik ( Aplikasi/ Softwere). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Muhsetyo, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD Jakarta: Universitas Terbuka Sardiman. 1986. lnteraksr dan Motivasi Belalar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers Suharta, l Gusti Putu 2001 Matematika Realistik Apa dan Bagaimana. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta BALITBANG DIKNAS. Uno, HB. 2005. Teori Motivasi dan pengukurannya. Analisi di Bidang Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara. Wijaya, A 2A12. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika Yogyakarta. Graha llmu. Widoyoko, EP. 2007. Analisis Pengaruh kieria Guru terhadap Motivasi Belajar Slswa. Hasil Penelitan diambil pada 2 November 2013 dart http.//u m pwr.ac. id//down load/publikasi iImiah/Analisis%20 | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-1145-04-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6644 | |
dc.description.abstract | Tuluan penelitian ini adalah meningkatkan mativasi b'etajar matematika melalui metode
pembelajiran Rea/istlc s Mathematics Edication (RME) dengan menggunakan media bahan
'manipulatif pada siswa kelas V SD /V 03 Popo'ngan Karanganyar tahun pelaiaran 2A13/2A14'
Jenis penetit:ian ini adalah penelitian Tinctakan Kelas clengan 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu
guru dan siswa kelas V SD rVege ri 03 Popongan sejumtah 33 siswa. Metode pengumpulan data
dilakttkan melalui obseryasl, wawanaara, ctai dokumentasi. Anatisis data menggunakan teknik
analisls data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyaiian data, dan penarikan kesimpulan'
Hasil penetitian ini adatah penerapan metode pembetaiaran Reatistic Mathematics Education
gME) dengan media bahan manipulatif dapat meningkatkan_ motivasi belaiar pada siswa kelas V
SD /V 03 popongan Karanganya'r tahun pelajaran 2013/2014. Sesuai indikator motivasi belajar
ditttnlttkkan bahwa secara ktasikat, persentase motivasi belaiar siswa sudah meningkat' pada pra
siklus sebe sar 23.74%. siktus / sebesar 50,51% dan pada sik/us // meniadi 89,1%. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | motivasi belajar | in_ID |
dc.subject | Realistics Mathematics Education (RME) | in_ID |
dc.subject | media manipulatif | in_ID |
dc.title | Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Realtsttcs Mathemaflcs Educatton (RME) dengan Media Bahan Manipulatif di SD Negeri 03 Popongan Karanganyar | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |