Show simple item record

dc.contributor.authorMinsih
dc.contributor.authorPuspitasari, Widyaningtyas Niken
dc.date.accessioned2016-02-15T03:12:34Z
dc.date.available2016-02-15T03:12:34Z
dc.date.issued2014-05-03
dc.identifier.citationAnonim . 2010. A ctive L earning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Insan Madani. Depdiknas .2002 . Kamus B esar Bahasa 1ndonesia.Jakarta : Balai Pustaka . J. Moleong , Lexy.200 7. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdak arya. Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning.Jakarta: PT Grasindo . Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif Bandung: Sinar baru AngensindoOffset. Sugiyono.2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susilo, Herawati,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jatim: Bayumedia Publishing. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ardana . 2012. Pembelajaran AkIF http: ardana12. wordprees.com2013/10/20/ indikator-keaktifan-siswa-yang­dapat -dijadikanpenilaian-dalam­ptk-2 // . Diakses tanggal 15 Oktober 2013.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-7047-10-5
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6646
dc.description.abstractAbstrak Penelitian ini bertunjuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi embelajaran Inside Outside Circle (IOC) kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 )l"gawi tabun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Banyubiru 1 )l"gawi yang terdiri dari 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif ya ng terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA , dengan enerapan strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai upaya meningkatkan k eaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi tahun ajaran 2013/ 2 014. Hal ini dapat dilibat dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata keaktifan siswa sebelum tindakan 40,62%. Setelab dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan siswa sebesar 65,62% pada siklus I, dan pada akhir tindakan sebesar 86,45% pada siklus II. Selain keaktifan siswa meningkat, basil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilibat basil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 45,83%, setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar siswa sebesar 66,67% pada siklus I, dan akbir tindakan basil belajar siswa sebesar 87,50% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkeaktifan siswain_ID
dc.subjectInside Outside Circle (IOC)in_ID
dc.titlePenerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi Tahun Ajaran 2013/2014in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record