Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di Fakultas ABC
Abstract
Pelayanan yang terbaik saat ini menjadi trend di segala bidang, bukan hanya pihak swasta saja yang meyakini hal ini akan menjadi sebuah keuntungan di masa depan, tetapi instutisi pemerintah juga mengakuinya sebagai hal yang penting untuk dilakukan, hal ini tidak terkecuali pada institusi pendidikan tinggi, sudah merupakan suatu keharusan untuk merubah diri menjadi unit pelayanan yang menyenangkan dan memuaskan pelanggannya yaitu mahasiswa. Penelitian ini berusaha
mengetahui aspek-aspek apa yang dipentingkan oleh mahasiswa dalam interaksinya dengan institusi pendidikan, dengan metode penelitian kualitatif sederhana dengan mengambil 112 sampel yang terdiri dari mahasiswa ketiga jurusan di Fakultas ABC. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan instrument kuesioner dan papan keluh kesah yang dipasang oleh mahasiswa sendiri. Sebagai hasil dalam penelitian ini dijelaskan bahwa aspek-aspek yang di inginkan mahasiswa untuk diperbaiki dengan segera adalah aspek Lad dan FF, dan yang perlu ditingkatkan adalah aspek KLA dan Eak. Jika melihat dari keluhan-keluhan dalam papan keluhan mahasiswa dapat diambil suatu kesimpulan adanya kecocokan keluhan dengan metode kuesionerdiantaranya adalah fasilitas AC, kolam ikan, lahan parkir masuk pada aspek FF, kompetensi/ jumlah/ komunikatif dosen masuk pada aspek KLA, kejelasan evaluasi PBM masuk pada aspek Eak.