Show simple item record

dc.contributor.authorFauzi, Alifiko NurAhmad
dc.contributor.authorSutama
dc.date.accessioned2016-03-29T07:25:35Z
dc.date.available2016-03-29T07:25:35Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAnonim.2012.(online), http://edukasi.kompasiana.com, diakses tanggal 24 November 2015). Budiyono. 2009. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. Kurniasih, Imas dan Sani Berlin.2014.Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Memahami berbagai aspek dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena. Mulyaningsih, Endang.2012.Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung: Alfabeta. Sadirman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. SDIT Al-Istiqomah.2013.Kelulusan ujian Nasional 2013 SMP Negeri 1 Wonogiri Unggul dari 155 SMP Negeri di Wonogiri.Diakses darihttp://istiqomah.sch.id/kelulusan-ujian-nasional-2013-smp-negeri-1wonogiri-unggul-dari-155-smp-negeri-di-wonogiri Sukmadinata, Nana Syoadih.2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya . Sutama.2015.Metode Penelitian Pendidikan. Kartasura:Fairuz Media. Syarifuddin, Miftah.2015.Hasil UN SMP 2015 Jawa Tengah. Diakses darihttp://www.miftahsyarifuddin.com/2015/06/hasil-un-smp-2015-jawatengah-di-mana.html.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6939
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) pengaruh penggunaan strategi inquiry based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa,(2) pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar siswa,(3) interaksi antara strategi inquiry based learning dan discovery learning ditinjau dari tingkat motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2015/2016.Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tidak sama. Hasil penelitian pada α = 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh signifikan hasil belajar matematika menggunakan strategi inquiry based learning dan strategi discovery learning,(2) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika ditinjau dari tingkat motivasi siswa,(3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar matematikain_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectdiscoveryin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.subjectinquiryin_ID
dc.subjectmotivasiin_ID
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematikain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record