Show simple item record

dc.contributor.authorRismawati, Melida
dc.contributor.authorIrawan, Edy Bambang
dc.contributor.authorSusanto, Hery
dc.date.accessioned2016-03-30T01:46:40Z
dc.date.available2016-03-30T01:46:40Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationBahr, D. L & Garcia, L. A. (2010). Elementary Mathematics is Anything But Elementary: Content and Methods From a Development Perspective. USA: Wadsworth, Cengage Learning. Bogdan, C. R. & Biklen, S. K. (2003). Quantitative Research for Education: An Introduction to Theorys and Methods. New York: Person Education Group. Hurst, C. 2004. Numeracy in Action: Students Connecting Mathematical Knowledge to a Range of Contexts. Mathematics: Essential Research, Essential Practice, 1(1), 440-449. Hyde, A. 2009. Understanding Middle School Math : Cool Problems to Get Students Thinking and Connecting. Heinemann, Portsmouth: Greenwood Publishing Gropu, Inc. Moleong, L. J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja. Mousley, J. 2004. An Aspect of Mathematical Understanding : The Notion of “Connected Knowing”. Deakin University: Australia. NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics: US. Olkun, S. 2003. Making Connections: Improving Spatial Abilities with Engineering Drawing Activities. International Journal of Mathematics Teaching and Learning, 1(1),1- 10. Panjaitan, M.2013. Kesulitan Koneksi Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Lingkaran. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: FKIP UNTAN. Rindyana, B. S. B. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan inier Dua Variabel Berdasarkan Analisis NEWMAN. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FMIPA UM. Rohendi, D & Dulpaja, J. 2003. Connected Mathematics Project (CMP) Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of Education and Practice, 4(4): 17-22. Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas. Sumarmo, U. 2013. Kumpulan Makalah dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: FMIPA UPI. Tim PPPG Matematika. 2004. Pembelajaran Matematika yang Kontektual/Realistik. Yogyakarta: PPPPTK Matematika Yogyakarta.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6951
dc.description.abstractKoneksi matematis merupakan bagian penting yang harus mendapat penekanan di setiap jenjang pendidikan. Semakin banyak siswa dapat membuat koneksi matematika, maka pembelajaran akan bermakna dan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam membuat koneksi matematis pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah 12 siswa SMA Negeri 2 Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan dua kegiatan utama yaitu pengerjaan tes kemampuan koneksi matematis dan wawancara. Tes untuk mengetahui kesalahan koneksi matematis siswa menggunakan materi sistem persamaan linier dua variabel. Hasil tes dianalisis menggunakan indikator koneksi matematis yaitu: (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematis, (2) memahami bagaimana ide matematis saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang dapat menjawab soal dengan benar. Hal tersebut disebabkan karena siswa belum dapat menghubungkan satu konsep dengan konsep lain yang sudah dipelajari untuk menyelesaikan soal SPLDV, siswa belum dapat mengenali ide- ide matematis, siswa belum dapat menggunakan ide-ide matematis untuk menyelesaikan soal SPLDV, dan siswa belum dapat melihat bahwa SPLDV dapat dimodelkan kedalam berbagai macam model soal yang berbeda.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkesalahan koneksi matematisin_ID
dc.subjectSPLDVin_ID
dc.titleAnalisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabelin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record