• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penilaian Otentik Dan Cara Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terhadap Keberhasilan Belajar Aljabar Linear Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ

    Thumbnail
    View/Open
    23_53_Makalah Ellis Salsabila.pdf (466.7Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Salsabila, Ellis
    Ambarwati, Lukita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh penilaian otentik dan cara seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terhadap keberhasilan belajar Aljabar Linear mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian factorial design 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ pada tahun akademik 2015/2016, sementara sampel penelitian diambil dengan teknik multistage random sampling dan terpilih 2 kelas eksperimen adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Angkatan Tahun 2015/2016. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar Aljabar Linear. Variabel bebas adalah penilaian otentik dalam pembelajaran (A) yang terdiri atas dua perlakuan yaitu penilaian portofolio (A 1 ) dan penilaian kinerja (A 2 ). Sementara variable moderator adalah cara seleksi masuk PTN yang terdiri atas dua kategori yaitu tipe seleksi dengan ujian tulis/SBMPTN dan Ujian Mandiri (B 1 ) dan tipe seleksi tanpa ujian tulis/SNMPTN (B 2 ). Hasil penelitian berdasarkan analisis data hasil test Aljabar Linear dengan menggunakan Twoway Anova melalui software SPSS 17 adalah: 1) Tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Aljabar Linear antara mahasiswa yang diberi penilaian portofolio dan yang diberi penilaian kinerja. 2) Tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Aljabar Linear antara mahasiswa yang diterima melalui seleksi ujian tulis dengan yang diterima melalui seleksi tanpa ujian tulis. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara teknik penilaian dan jalur masuk PTN terhadap hasil belajar Aljabar Linear mahasiswa. 4) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi ujian tulis, yang diberikan penilaian portofolio lebih tinggi daripada yang diberikan penilaian kinerja. 5) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian tulis, yang diberikan penilaian portofolio tidak lebih rendah atau sama dengan yang diberikan penilaian kinerja. 6) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diberikan penilaian portofolio, yang diterima melalui jalur seleksi ujian tulis tidak lebih tinggi atau sama dengan yang diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian tulis. 7) Rata-rata hasil belajar Aljabar Linear pada mahasiswa yang diberikan penilaian kinerja, yang diterima melalui jalur seleksi ujian tulis lebih rendah daripada yang diterima melalui jalur seleksi tanpa ujian tulis.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6961
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV