Show simple item record

dc.contributor.authorVristiarum, Rida
dc.contributor.authorAriyanto
dc.date.accessioned2016-03-31T01:48:16Z
dc.date.available2016-03-31T01:48:16Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationEka, I.W, I.W Sadia, dan I.W Suastra.2014.”Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif”. Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. e-Journal Program Pascasajana Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 4 Herdiansyah, Haris.2012.Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial.Jakarta: Salemba Humanika Jacobsen, dkk.2009.Methods for Teaching Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Sutama.2014.Penelitian Tindakan: PTK, PTS, dan PTBK.Kartasura: Fairuz Media Trianto.2011.Model-Model Pembelajarn Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustakain_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6966
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas IX C dengan jumlah 21 siswa bertindak subyek sebagai penerima tindakan. Guru matematika sebagai subyek pelaku tindakan, kepala sekolah serta staf pengajar sebagai subyek pembantu. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi, tes, catatan lapangan, serta dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran matematika. peningkatan tersebut dapat dilihat dari a) Kemampuan siswa menerapkan konsep secara tepat dari (23,81%) meningkat menjadi (66,67%), b) Kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru dari (28,57%) meningkat menjadi (76,20%), c) Kemampuan mengerjakan soal di depan kelas dari (33,33%) meningkat menjadi (66,67%), d) Kemampuan siswa menyimpulkan materi yang disampaikan meliputi definisi konsep serta memberikan contoh dan non contoh dari konsep dari (14,29%) meningkat menjadi (71,43%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectReciprocal Teachingin_ID
dc.subjectpemahaman konsepin_ID
dc.subjectPembelajaran Matematikain_ID
dc.titlePeningkatan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching (PTK di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas IX Semester Gasal Tahun Ajaran 2015/2016)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record