• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometri

    Thumbnail
    View/Open
    37_11_Makalah Rev Rizky Oktaviana.pdf (586.2Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    E.P, Rizky Oktaviana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu cabang ilmu dalam matematika yang telah diajarkan kepada siswa mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi adalah Geometri. Siswa dituntut untuk dapat membayangkan suatu benda dalam benak mereka (visual spasial ) dalam penyelesaian masalah geometri. Sebagai contoh jika siswa diminta untuk menemukan volum suatu benda ruang maka siswa harus dapat membayangkan bagaimana bentuk benda tersebut serta menentukan cara untuk menyelesaikannya..Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menemukan jumlah kubus yang ada di dalam suatu benda, bahkan siswa yang berada di Sekolah Menengah Atas masih mengalami kesulitan.salah satu kemampuan yang memegang peranan penting dalam menunjang kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan geometri adalah kemampuan spasial. Tujuan dari penelitian kajian literatur ini adalah untuk menunjukkan bahwa kemampuan spasial memiliki hubungan dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya masalah geometri. Kemampuan spasial siswa dapat dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan cara siswa dalam menyelesaikan masalah. Dalam pembelajaran geometri diharapkan guru dapat memberikan suatu model yang merepresentasikan konsep geometri sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6975
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV