Show simple item record

dc.contributor.authorSundari
dc.contributor.authorAriyanto
dc.date.accessioned2016-03-31T03:34:17Z
dc.date.available2016-03-31T03:34:17Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAlex, A.M. 2013. “Guided-discovery Learning Strategy and Senior Scool Students Performance in Mathematics in Ejigbo, Nigeria.” Journal and Education and Practice. 4(12): 82-90. Balim, Ali Gunay. 2009. “The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills.” Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research. 35: 1-20. Fatimah, Siti. 2015. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbasis Assessment For Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Bandung:Bumi Aksara. Jamaris, Martini.2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia. Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., Arora, A. 2012. TIMSS 2011 Internasional Results in Mathematics. United States : IEA. Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. OECD. 2014. PISA 2012 Result in Focus. OECD Publising. Prasetyo, Sandhy.dkk. 2015. “ Eksperimentasi Discovery Learning (DL) Dan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(9) : 993-1008. Ramlah, dkk. 2014. “Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)”. Jurnal Ilmiah Solusi. 1(3): 68-75. Rosdiana, dkk. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 PALU”.e-Journal Mitra Sains.3(4):22-30. Sugiyanto. 2010. Model - Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka. Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6989
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika. (2) kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) interaksi strategi Discovery Learning dan Inkuiri serta tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tulung tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dua kelas diambil dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data dengan ANAVA dan sebelumnya dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) tidak ada kontribusi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5% . (2) tidak ada kontribusi tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%. (3) tidak ada interaksi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri serta tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectDiscovery Learningin_ID
dc.subjectinkuiriin_ID
dc.subjectkemandirian belajarin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.titleEksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Inkuiriin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record