Show simple item record

dc.contributor.authorNi’matillah, Rizka
dc.contributor.authorMurtiyasa, Budi
dc.date.accessioned2016-03-31T04:01:33Z
dc.date.available2016-03-31T04:01:33Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAmalia, Risma. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Swasta di Kota Cimahi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Improve.Dalam M. Lexbin EJR., I. Permana, dan D. Firmansyah (Eds.)Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika Untuk Menunjang Optimalnya Hardskill dan Softskill Siswa: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 27 Nopember 2014 (hal. 140148). Cimahi: - . Diakses darihttp://publikasi. stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/Prosiding-Semnas-STKIP-2014.pdf Asikin, Mohammad., dan Iwan Junaedi. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research 2(1): 203-207. Diakses dari http://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/ujmer/article/view/1483/1440 Astuti, A., dan Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif 2(2): 102-110. Diakses darihttp://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile /91/88 Chotimah, Siti. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Brain- Storming dan Pendekatan Ekspositori. Dalam Nurjaman, Adi., Sariningsih, Ratna., Sari, Indah Puspita., Kadarisma., Gida (Eds.) Inovasi Matematika dan Pendidikan Matematika yang Humanis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Karakter Peserta Didik (Menyongsong Kurikulum 2013):Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Siliwangi Bandung, 31 Agustus 2013 (hal. 133-139). Cimahi: - .Diakses darihttp://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/Prosiding Semnas-STKIP-2014.pdf Jarmita, Nida. dan Hazami. (2013).Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2): 212-222. Diakses darihttp://down load.portalgaruda.org/article.php?=267279&val=7083&title=KETUNT ASAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20MELALUI%20PEN DEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION %20(RME)%20PADA%20MATERI%20PERKALIAN Makonye, Judah P. (2014). Teaching Function Using a Realistic Mathematics Education Approach: A Theoretical Perspective.International Journal of Educational Sciences, 7(3): 653-662. Diakses darihttp://www.krepublishers.com/02-Journals/IJES/IJES-07-0-000-14Web/IJES-07-3-000-14-ABST-PDF/IJES-7-3-653-14-489-Makonye-JP/IJES-7-3-653-14-489-Makonye-J-P-Tx[27].pdf Murdani,. Rahmah Johar, dan Turmudi. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, 1(2): 22-32. Diakses dari http://jurnal.unsyiah.ac.id/ peluang/article/download/1054/990 Prianto, Heri. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas II-A MI Alhikam Geger Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1): 91-104. Diakses daristkipdrnugroho.ac.id/up-pdf/heriprianto.pdf Rahmi, Arifa., dan Depriwana Rahmi. (2015). Pengaruh Penerapan Model Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1): 28-34. Diakses darihttp://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/SJME/ article/view/1333/1182 Sumirat, Lusia Ari. (2014). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2): 2129. Diakses darihttp://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/viewFile/56/56 Webb, David C., Henk van der Kooij, dan Monica R. Geist. (2011). Design Research in the Netherlands: Introducing Logarithms Using Realistic Mathemathics Education. Journal of Mathematics Education at Teachers College, 2(6): 47-52. Diakses dari http://journals.tclibrary.org/index.php/matheducation/article/viewFile/639/405 Yosheva, Novi., Kamid., dan Muhammad Rusdi. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan AQ Terhadap Kemampuan Kognitif Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 3(1): 12-27. Diakses darihttp://download.portalgaruda.org/article.php?article=308198&val=8 98&title=PENGARUH%20PENDEKATAN%20RME%20DAN%20A Q%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20MATEM ATIKA%20SISWA%20KELAS%20VII%20SMP Zahara., dan Abdul Hamid K. (2013). Strategi Pembelajaran dan Sikap Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Matematika, 6(2): 244-258. Diakses darihttp://digilib.unimed.ac.id/publik/UNIMED-Article-29515-9Zahara-Abdul%20Hamid%20K%2020244-258.pdf.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6993
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar, (2) konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi pembelajaran matematika berbasis RME dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Baki tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis RME dan kelas kedua sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Dari hasil penelitian pada  = 0,05 diperoleh: (1) terdapat konstribusi pembelajaran matematika berbasis RME terhadap hasil belajar dengan F obs = 5,573185 > F  = 4,01; (2) terdapat konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan F obs = 15,95437 > F  = 3,16; (3) terdapat interaksi pembelajaran matematika berbasis RME dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan F obs = 3,445566 > F  = 3,16.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.subjectkemampuan komunikasi matematikain_ID
dc.subjectrealistic mathematics educationin_ID
dc.titlePengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record