dc.identifier.citation | Arifin, A. T.; Kartono dan Sutarto, H. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano, 5(1), 91-98. Diakses dari http://download.portalgaruda.org/article.php Arthur, Yarhands Dissou dan Francis Tabi Oduro Richard Kena Boadi. (2014).Statistical Analysis Of Ghanaian Studentsattitude And Interest Towards Learning Mathematics. International Journal of Education and Research, 2(6), 661-670. Diakses dari http://www.ijern.com/journal/June2014/56.pdf Gusniwati, Mira. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, 5(1), 26-41. Diakses dari http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/165/1 58 Herlina, Sari. (2014). Effectiveness Of React Strategy For Improve Of Problem Solving Ability On Mathematics In Junior High School: Proceedings of Innovation and Technology for Mathematics and Mathematics Education, Diselenggarakan oleh Department of Mathematics Education, UNY, 26-30 November 2014 (hal. 521-528). Yogyakarta: Yogyakarta State University. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/24298/1/E-59.pdf. Prianto, Heri. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas II-A MI Alhikam Geger Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 91-104. Diakses dari http://stkipdrnugroho.ac.id/up-pdf/heriprianto.pdf Purwosusilo. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta). Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 30-40. Diakses dari http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/57 Rahayu, Wardani dan Meyta Dwi Kurniasih. (2014). The Influence Of React Strategy Towards Mathematical Belief: Proceedings of Innovation and Technology for Mathematics and Mathematics Education, Diselenggarakan oleh Department of Mathematics Education, UNY, 26-30 November 2014 (hal. 587-594). Yogyakarta: Yogyakarta State University. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/24322/1/E-68.pdf Rohati. (2011).Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Di Sekolah Menengah Pertama. Edumatica, 1(2), 61-73. Diakses dari http://online-journal.unja.ac.id › Rohati, Sri Winarni Dan Rice Osviarni. (2012). Pembelajaran Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Pada Siswa Di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Edumatica, 2(2), 27-36. Diakses dari http://onlinejournal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/download/.../733 Sembiring, Rosali Br dan Mukhtar. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 214-229. Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/.../UNIMEDArticle-29512-7-Rosali%20Br%20Sem.. Siagian, Roida Eva Flora. (2008).Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131. Diakses dari http://unindra.ac.id/roida-3.pdf Sumirat, Lusia Ari. (2014). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 21-29. Diakses dari http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/56 Sulistyorini dan Muhammad Fathurrohman. (2012). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Teras. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kontribusi strategi pembelajaran REACT terhadap
hasil belajar matematika, (2) kontribusi tingkat minat belajar siswa terhadap hasil belajar
matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran REACT dan minat belajar terhadap hasil
belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu
siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosari Tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas masingmasing
terdiri 31 siswa. Kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi REACT dan
kelas VIIIA sebagai kelas kontrol menggunakan strategi ekspositori. Teknik pengambilan sampel
dengan sampling acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian
pada = 0,05menyimpulkan bahwa : (1) adanya konstribusi pembelajaran dengan strategi
REACTterhadap hasil belajar matematika dengan F
obs
= 8,670917543 > F
= 4,01; (2) adanya
konstribusi tingkat minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan F
obs
= 5,191398373 > F
= 3,16; (3) adanya interaksi antara strategi pembelajaran REACT dan minat belajar terhadap hasil
belajar matematika dengan F
obs
= 4,343721811 > F
= 3,16. | in_ID |