Analisis Kesulitan Siswa SMKK Citra Medika Sukoharjo dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Akar dan Alternatif Pemecahannya
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas X SMK
Citra Medika Sukoharjo dalam menyelesaikan soal bilangan bentuk akar dan alternatif
pemecahan masalahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo.
Sedangkan sampel yang diambil untuk memperoleh data kesulitan siswa adalah 3 orang siswa
yang mewakili siswa berkemampuan tinggi, siswa yang berkemampuan sedang, dan siswa yang
berkemampuan rendah yang dikategorikan berdasarkan rata-rata hasil tes materi bentuk akar.
Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Analisis dilakukan dengan memberikan tes tertulis
berbentuk soal uraian yang berjumlah 3 soal. Dari hasil analasis data diketahui kesulitan siswa
dalam menyelesaikan soal bilangan bentuk akar dan faktor penyebab kesulitan siswa. Kesulitan
tersebut meliputi kesalahan konseptual dan kesalahan procedural. Faktor penyebab kesulitan
tersebut antara lain kurang kuatnya konsep bentuk akar yang dimiliki siswa sehingga terjadi
misskonsepsi pada siswa. Untuk alternative pemecahan masalahnya adalah dengan menerapkan
strategi konflik kognitif dengan mengintegrasikan kedalam model Problem Based Learning (PBL)
untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan procedural dan misskonsepsi.