Hierarchical Cluster Analysis Terhadap Pelanggan Pasar Beringharjo Yogyakarta
Date
2016-03-12Author
Hidayatullah, Ade Ihsan
Perihatini, Denisha Intan
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelanggan adalah elemen terpenting dalam menjalankan suatu usaha. Tingginya jumlah
pelanggan akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah keuntungan suatu
usaha. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa pelanggan sebagai konsumen pasar mampu
memberikan stimulus terhadap karier usaha di masa mendatang. Pasar Beringharjo yang terletak
di Yogyakarta sebagai salah satu pasar yang selalu ramai pengunjung merupakan cerminan
bahwa pelanggan sebagai faktor utama dalam kesuksesan usaha. Oleh sebab itu, peneliti
melakukan sebuah kajian tentang pengelompokkan pelanggan-pelanggan yang melakukan
transaksi di Pasar Beringharjo untuk dapat memberikan inovasi baru terhadap kemajuan
perekonomian melalui sektor pasar, serta arah kebijakan pasar. Bentuk pengelompokan
didasarkan atas kemiripan pelanggan yang melakukan transaksi di Pasar Beringharjo. Analisis
cluster adalah suatu analisis statistik multivariate yang dapat mengelompokkan obyek
berdasarkan karakteristik yang dimilikinya, dalam hal ini peneliti menggunakan Hierarchical
Cluster Analysis. Hasilnya yaitu 98% dari seluruh pelanggan yang di surve puas melakukan
transaksi jual beli di Pasar Beringharjo. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan
untuk melakukan analisis terkait kepuasan pelanggan di sebuah usaha. Pemerintah juga dapat
menjadikan sebagai landasan kebijakan-kebijakan yang akan dijalankan di pasar, khususnya
Pasar Beringharjo Yogyakarta.