Rancang Bangun Frame Sepeda untuk Sistem Kinetic Energy Recovery System (KERS)
Abstract
Dengan terus berkembangnya zaman, sepeda semakin banyak digunakan dari kalangan anak
kecil hingga dewasa yang menggunakannya dan penggunaan sepeda bukan hanya sebagai alat
transportasi melainkan juga seperti olahraga. Maka perlu adanya sepeda yang dapat
merakyat dan mudah diterima di kalangan masyarakat dari berbagai kalangan pria maupun
wanita dan juga aman untuk penggunanya. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan
metode Pahl dan Beitz untuk merancang desain sepeda yang di inginkan, dimana sepeda yang
diharapkan dapat dipakai oleh beberapa kalangan yaitu untuk pria atau pun wanita yang
digunakan nyaman,aman dan bergaya untuk jenis frame sepeda. Dari hasil perhitungan pada
perancangan frame sepeda hybrid dengan sistem KERS, jenis frame yang digunakan adalah
tipe diamond yang akan dipasang flywheel, ACCU dan motor. Semua komponen batang
memiliki tegangan yang lebih kecil dari tegangan desain atau nilai safety factor yang di dapat
lebih besar dari 2, sehingga desain setiap batang pada frame sepeda untuk sistem Kinetic
Energy Recovery System (KERS).