Analisis Faktor Penyebab Kesuksesan Produk Minyak Goreng
Date
2016-03-23Author
Lestari, Mathilda Sri
Komariah, Ainur
Ahya, Rahmatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Banyaknya kompetitor yang menjual produk minyak goreng di Sukoharjo mendorong peneliti
untuk melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan produk
minyak goreng di Jombor Bendosari Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan produk minyak goreng di Jombor Bendosari
Sukoharjo. Metode analisis data dengan menggunakan diagram pareto dan pengolahan data
dengan menghitung R
2
dan evaluasi digunakan kanvas strategi. Indikator yang digunakan
untuk mengetahui produk minyak goreng yang sukses dengan menggunakan data market share.
Karakteristik produk yang dinilai adalah berdasarkan faktor produk, service, communication,
dan time to market. Untuk menentukan produk sukses berdasarkan data market share dengan
menggunakan diagram pareto, dengan ketentuan yang masuk dalam 80% diagram pareto.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa produk minyak
goreng yang paling sukses di Kelurahan Jombor Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo
adalah produk minyak goreng Sunco. Faktor penyebab kesuksesannya adalah faktor produk,
faktor service, faktor communication dan faktor time to market karena mempunyai nilai
tertinggi dibandingkan dengan produk pesaing lainnya. Penelitian lanjutan disarankan untuk
memperbanyak jumlah responen dan sebaiknya penelitian tidak terbatas pada minyak goreng
kemasan saja tetapi juga minyak goreng curah.