Upaya Perbaikan Layanan dengan Menggunakan Higher Education Performance (HEdPERF) dan Metode TRIZ
Abstract
Untuk melakukan perbaikan kualitas layanan secara berkelanjutan, maka dalam studi kasus
ini dilakukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa dengan menggunakan pendekatan
Higher Education Performance (HEdPERF). Pendekatan HEdPERF secara khusus telah
dikembangkan untuk menilai kualitas layanan institusi pendidikan tinggi dengan melihat lima
dimensi yaitu aspek non akademik, aspek akademik, reputasi, akses dan program yang
ditawarkan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah disesuaikan
dengan konteks penelitian, dengan menggunakan skala penilaian 1-7. Dari 123 responden
mahasiswa didapatkan nilai rata-rata untuk semua atribut 4,58, bahkan beberapa memiliki
nilai di atas 5 terutama terkait dengan kualitas dosen, kemudahan lulusan mendapatkan
pekerjaan, serta kualitas program-program yang dijalankan. Selain itu didapatkan juga 5
atribut kualitas layanan dengan nilai terendah yaitu ketersediaan layanan kesehatan,
ketersediaan fasilitas rekreasi dan istirahat, kepedulian dan perhatian secara individu dari
staf administrasi, kesibukan staf administrasi untuk dapat menanggapi suatu permintaan
bantuan, dan perhatian yang penuh dari staf administrasi untuk memecahkan masalah
mahasiswa. Selanjutnya metode TRIZ, sebagai metode pemecahan masalah secara inventif,
digunakan untuk mengembangkan ide perbaikan atas atribut yang masih dapat dianggap
lemah khususnya mengenai fasilitas rekreasi dan istirahat untuk mahasiswa.