Analisis Hubungan Antara Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Menggunakan Metode Statistik (Studi Kasus di Website E-Commerce LAZADA)
Date
2016-03-23Author
Setiawan, Nashrullah
Winati, Famila Dwi
Achmadi, Roy Enggar
Shafira, Yosa Permata
Metadata
Show full item recordAbstract
Dewasa ini trend E-commerce berkembang sangat pesat, hal ini di dukung dengan fenomena
berbelanja secara online yang ramai digunakan oleh masyarakat. Karena proses jual-beli
berlangsung secara online, faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan suatu E-commerce
adalah kepercayaan pelanggan pada website E-commerce tersebut. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dalam berbelanja online
menggunakan dimensi kualitas serta Customer Satisfaction Index dan untuk mengetahui sejauh
mana tingkat kepuasan pelanggan tersebut mempengaruhi loyalitas pelanggannya dalam
berbelanja online di Lazada menggunakan metode statistika Regresi Linear Berganda.
Penelitian ini berupa accidental sampling dengan jumlah sampel 100 orang yang pernah
menggunakan jasa berbelanja online Lazada. Berdasarkan hasil perhitungan CSI didapatkan
indeks kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,678 yang menunjukan bahwa konsumen merasa
puas terhadap pelayanan Lazada. Selanjutnya, dari uji korelasi dan regresi linear berganda,
didapatkan bahwa kelima dimensi kualitas memberikan pengaruh secara simultan terhadap
loyalitas pelanggan Lazada dengan variabel reliability yang memiliki pengaruh paling
dominan. Nilai koefisien korelasi variabel bebas dan terikatnya adalah 0,466. Namun, secara
parsial hanya dimensi reliability yang memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, sedangkan variabel responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan Lazada.