Peran Relationship Age Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Telepon Seluler
Abstract
Memiliki pelanggan yang loyal merupakanimpian dari setiap pelaku bisnis. Saat ini para ahli
telah mencoba untuk membangun konsep dan teori tentang loyalitas pelanggan barang atau
jasatermasuk pada industri telekomunikasi seluler. Para ahli berpendapat bahwa
pembentukan loyalitas pelanggan pada industri telekomunikasi seluler memiliki karakteristik
yang berbeda dengan industri jasa pada umumnya terutama peranan relationship age (umur
pemakaian) pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
relationship age terhadap relational equity, trust, dan cutomer satisfaction dalam membangun
loyalitas pelanggan telepon seluler. Loyalitas pelanggan dalam penelitian dibagi menjadidua
dimensi yaitu attitudinal loyality dan behavioral loyality. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Partial least Square (PLS). Penelitian ini menjelaskan bahwa di
Indonesia relationship age tidakmemiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan
kedua dimensi loyalitas pada industri telepon seluler. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa
relational equity memiliki pengaruh positif dalam peningkatan loyalitas pelanggan pada
industri telekomunikasi seluler di Indonesia.