dc.identifier.citation | Doman, Don, Dell Dennison, and Margaret Doman, 2002, Market Research Made Eas, Ed 2, International Self-Councel Press Ltd, Kanada. Istijanto, M. M., 2005, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Malhotra, Naresh K., Imad B. Baalbaki, and Nada Nase Bechwati, 2013, Marketing Research, Arab World Edition, Pearson Education Ltd, England. Miller, Lindsay, Katie Soulliere, Susan Sawyer Beaulieu, Simon Tseng, and Edwin Tam, 2014, Challenges and Alternative to Plastic Recycling in the Automotive Sector, 7, 5883-5897. Murry, J. P. and Heide, J. B, 1998, Managing Promotion Program Participation within Manufacturer-Retailer Relationship, American Marketing Associations, USA. Nunan, Daniel, and Maria Laura Di Domenico, 2013. Market Research and the Ethics of Big Data,55 (4), 1-12. Pangestu, Mari Elka, 2008a, Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta. Pangestu, Mari Elka, 2008b, Pengembangan Industri Kreatif Menuju Misi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta. Sunyoto, Danang, 2012, Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen,CAPS, Yogyakarta. Swandaru, C. F. Pradana, 2014, Riset Pasar Produk Pin Magnet sebagai Alat Permainan Edukatif dalam Lingkup Perkembangan Kognitif bagi Pendidikan Anak Usia Dini, Skripsi, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. | in_ID |
dc.description.abstract | Masalah sampah dihadapi hampir semua kota bahkan semua negara, tetapi di negara-negara
maju yang masyarakatnya telah sadar lingkungan, masyarakatnya sudah berhasil mengatasi
sampah. Pengelolaan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi
masyarakat dan orang yang menghasilkan sampah juga berkewajiban mengelola sampah.
Bisnis produk kerajinan tangan botol plastik merupakan salah satu langkah penanganan
sampah plastik. Selama ini bisnis dijalankan tanpa bekal ketidaktahuan minat pasar, kondisi
pasar, potensi pasar, dan strategi penjualan sehingga resiko kerugian akibat produk yang
dipasarkan tidak laku mungkin terjadi. Ketidaktahuan akan minat, kondisi, potensi dan
strategi pasar dijembatani dengan riset pasar. Analisis riset pasar dilakukan dengan menguji
dan membandingkan hipotesis dengan data sekunder dan primer dari jurnal, kuesioner, dan
survey pasar secara langsung. Seluruh data sekunder dirangkum secara terstruktur dengan
menggunakan lembar kerja –lembar kerja sebagai panduan dalam menyusun butir-butir
pertanyaan dalam kuesioner. Kuesioner yang telah siap kemudian disebarkan untuk
mendapatkan data primer. Hasil akhir penelitian adalah responden tertarik dengan produk
kerajinan tangan botol plastik yang ditawarkan. Hal ini ditunjukan dari jumlah responden
yang tertarik sebesar 79% dengan produk yang paling diinginkan adalah sofa. Hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa penambahan inovasi dan kreasi serta perhatian terhadap
kualitas produk kerajinan tangan botol plastik menjadi harapan responden paling penting. | in_ID |