Model Konseptual Pembelajaran Mandiri dalam Pelatihan Pengembangan Desain Keramik bagi Komunitas Perajin Anjun, Plered, Purwakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkonstruksi kerangka konseptual model pembelajarn
mandiri dalam konteks pengembangan desain keramik bagi komunitas perajin keramik, Anjun,
Plered, Purwakarta. Pembelajaran mandiri ini tepat untuk dikonstruksi mengingat dalam
pengembangan desain keramik, perajin keramik, Anjun, Plered, Purwakarta memerlukan
keberanian dan kebebasan untuk mengeluarkan ide dan gagasan secara sendiri tanpa intervensi
yang dominan dari pihak luar. Model pembelajaran mandiri yang dikonstruksi didasarkan pada
4 tahap belajar, yaitu: (a) independent, (b) interested, (c) involved, dan (d) self-directed,
sedangkan pengembangan desain keramik didasarkan pada 5 tahap desain, yaitu: (a) merubah
bentuk dasar, (b) mendesain dengan khayalan, (c) mendesain yang proporsional, (d) mendesain
yang bernilai seni, dan (e) mendesain yang bernilai jual tinggi. Model pembelajaran mandiri ini
diharapkan memiliki efektivitas dalam meningkatkan kompetensi desain dari perajin keramik,
Anjun, Plered, Purwakarta.