Perencanaan Riset Pasar Produk Modern Photo Frame Berbahan Fiber
Date
2016-03-23Author
Haryanto, Christian Oktavianus
Hanandoko, Theodorus B.
Metadata
Show full item recordAbstract
Kota Surakarta merupakan salah satu kota kesenian yang ada di Indonesia. Jumlah peminat
fotografi dan seni melukis di kota ini terus berkembang. Hal ini tidak terlepas dari produk
photo frame sebagai asesoris penghias foto dan lukisan. Industri Kecil Menengah “Rudy
Aneka Pigura” merupakan pengrajin yang bergerak di bidang pembuatan Photo Frame.
Penelitian ini difokuskan pada kebutuhan riset pasar untuk produk modern photo frame
berbahan fiber.Tujuan dari penelitian ini ialah mendapatkan hasil analisis dan interpretasi
data hasil riset pasar untuk produk modern photo frame berbahan fiber. Metode pengumpulan
data yang digunakan untuk melakukan perencanaan riset pasar ini ialah dengan pengumpulan
data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dala perencanaan riset
pasar ini ialah Penggunaan lembar kerja (Worksheet) yang terdiri dari menjabarkan target
customer, hipotesis dan pertanyaan dasar, kategori data sekunder, Pertanyaan tambahan yang
muncul dari riset data sekunder, memeriksa hipotesis, pengetahuan tentang usaha yang di
risetkan, pengetahuan tentang pesaing. Capaian hasil berupa kuesioner yang akan disebarkan
ke responden. Pertanyaan yang dibangun ke dalam sebuah kuesioner akan dijadikan sebagai
bahan pertimbangan untuk merencanakan produk modern photo frame. Kuesioner yang akan
diberikan kepada responden berjumlah 25 pertanyaan.