e-Marketing : Strategi Pemasaran UKM Berbasis Teknologi Informasi Untuk Menembus Pasar Global
Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.
UKM terbukti dapat bertahan saat terjadinya krisis global yang melanda negara-negara di
dunia termasuk Indonesia beberapa waktu lalu. Tantangan yang dihadapi UKM dengan segala
keterbatasan yang dimiliki saat ini adalah tuntutan globalisasi. Sebagai akibatnya, UKM
diharuskan untuk meninggalkan praktek strategi dan taktik perdagangan tradisional,
manajemen yang inovatif harus selalu mencari cara-cara yang baru dan unik untuk dapat
berkompetisi secara lebih efektif. Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi
mendukung perkembangan teknologi internet. Meningkatnya pengguna internet merupakan
peluang bagi UKM untuk merubah strategi pemasarannya dengan e-Marketing untuk dapat
menembus pasar global. Berangkat dari fenomena tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk
membangun model pengembangan bisnis UKM dan e-Marketing sebagai strategi pemasaran
berbasis teknologi internet memasuki pasar global. Penelitian ini merupakan penelitian
terapan dengan responden UKM tenun sarung goyor Kalijambe di Sragen Jawa Tengah. Hasil
penelitian menunjukkan upaya inovasi dan pengembangan nilai tambah produk, serta strategi
e-Marketing dapat meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja ekspor UKM.