Perencanaan Riset Pasar Alat Peraga Edukatif Berbasis Metode Montessori untuk Anak Usia 3 - 6 Tahun
Abstract
APE (Alat Peraga Edukatif) berbasis metode Montessori merupakan salah satu produk yang masih
tergolong baru di Indonesia. Hambatan yang cukup besar dilihat dari segi pemasaran produk
tersebut adalah masalah harga produk yang relatif mahal, serta masih sedikitnya produsen dan
penjual lokal. Bersumber dari permasalahan tersebut, maka diperlukan adanya riset pasar agar
resiko kerugian akibat produk yang dihasilkan menjadi tidak laku di pasaran dapat diminimalisir,
sehingga nantinya produk tersebut diharapkan dapat diterima pasar. Riset pasar yang berhasil
tidak lepas dari perencanaan yang matang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah mendapatkan gambaran kondisi pasar Alat Peraga Edukatif berbasis metode Montesori
secara umum. Melalui data primer dan data sekunder guna mendapatkan rancangan kuesioner
berupa butir-butir pertanyaan, yang akan disebarkan ke target customer sebagai langkah awal
dalam mempersiapkan riset pasar produk APE berbasis metode Montessori. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan mengelompokkan data primer dan data sekunder. Semua data yang
diperoleh akan diolah menggunakan bantuan lembar kerja sebagai panduan dan pedoman dasar
dalam penyusunan kuesioner. Hasil akhir penelitian ini adalah berupa lembar kuesioner yang
terdiri dari 21 butir pertanyaan dan siap disebarkan kepada responden.