Perencanaan Riset Pasar Produk Roti Berbahan Dasar Singkong
Abstract
Salah satu usaha yang mulai berkembang di Indonesia adalah usaha bakery. Berdasarkan
data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Kementrian Pertanian (Kementan),
konsumsi roti dan kue di Indonesia cenderung meningkat. Pada tahun 2010-2011 terjadi
peningkatan konsumsi roti tawar per-bungkusnya sebesar 4.27% pertahun, sedangkan
konsumsi kue kering per-ons bertambah sebanyak 6.56% pertahun. Secara keseluruhan
konsumsi roti dan kue menempati peringkat ketiga dalam pertumbuhan konsumsi makanan
pokok. Data tersebut membuktikan bahwa roti merupakan komoditas pangan pokok yang
potensial selain beras. Melihat pertumbuhan konsumsi roti yang meningkat, maka kebutuhan
akan bahan baku pembuatannya pun bertambah dan dikarenakan kebutuhannya yang tinggi
maka negara harus mengimpor terigu untuk mencukupi kebutuhannya. Pemilik usaha membuat
roti dengan bahan dasar singkong yang memiliki harga lebih lebih murah dibandingkan
dengan tepung terigu dan mudah untuk didapatkan. Bersumber perbedaan harga dan
kemudahan untuk mendapatkan singkong pemilik berusaha untuk mengenalkan produk roti
berbahan singkong pada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan
rancangan kuesioner yang nantinya akan disebarkan sesuai target konsumen. Hasil kuesioner
dari penelitian kali ini adalah mendapatkan hasil analisis dan interpretasi data minat
masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa mengenai pembuatan roti baru berbahan dasar
singkong. Manfaat dari penelitian ini adalah memperkenalkan dan mengetahui seberapa besar
minat masyarakat terhadap produk roti berbahan dasar singkong kepada responden.
Perencanaan riset pasar diawali melalui metode pengumpulan data dengan cara wawancara
dengan pemilik usaha. Kemudian menganalisis data melalui tahapan pengisian Lembar Kerja
(Worksheet). Selanjutnya Lembar Kerja (Worksheet) digunakan sebagai pedoman dasar dalam
penyusunan kuesioner. Terdiri dari 8 (delapan) Lembar Kerja (LK) yang terdiri dari
Describing Your Target Customer (Menetapkan Target Konsumen), Formulating Your Basic
Research Questions (Menetapkan Hipotesis dan Pertanyaan Dasar), Secondary Data
(Mengumpulkan Data Sekunder), Additional Question Arising From Your Research
(Menetapkan Pertanyaan Tambahan), Checking Your Hypothesis (Memeriksa Hipotesis), What
You Already Know About Your Business (Menjabarkan Kompetensi tentang Produk/Bisnis
yang Direncanakan), Your Competition (Menjabarkan Kompetisi Bisnis yang Sama), Your
Competitors (Menjabarkan Kompetitor). Hasil penelitian ini adalah 21 butir jumlah
pertanyaan kuesioner, 5 pertanyaan dari lembar kerja 1 yang digunakan untuk menganalisis
target customer, 14 pertanyaan dari lembar kerja 2 yang digunakan untuk menganalisis
pertanyaan dasar dari hasil wawancara dengan pemilik usaha, dan 2 pertanyaan dari lembar
kerja 4 yang digunakan untuk menganalisis pertanyaan tambahan dari hasil pencarian data
sekunder.