Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Soal Tes Sumatif Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 SMP
View/ Open
Date
2014-12Author
Sufanti, Main
Hakim, Luqmanul
Luckiyanti, Reska
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan, daya
beda, dan efektifi tas distraktor butir soal pada tes sumatif Bahasa Indonesia
berdasarkan Kurikulum 2013 SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah, pertama, tingkat
kesulitan soal tes sumatif bahasa Indonesia Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa
mayoritas soal berkategori sedang. Adapun rincian kategori tingkat kesulitan soal
tes sumatif, yaitu: mudah = 27,5%, sedang = 62,5%, sulit = 10%. Kedua, analisis
daya beda menunjukkan tingginya soal yang tidak signifi kan sehingga tidak bisa
membedakan kelompok tinggi dan kelompok rendah dalam menjawab soal, yaitu
sebanyak 50% layak, 37,5% tidak layak, dan 12,5% tidak terpercaya. Analisis
ini diikuti dengan analisis distraktor yang menunjukkan bahwa masih banyaknya
jumlah pengecoh yang tidak efektif dan tidak dipilih oleh peserta tes yaitu sebesar
25,84% untuk alternatif pilihan jawaban soal Kurikulum 2013, sehingga alternatif
pilihan jawaban kurang mengecoh peserta tes.