Penerapan Teknik Presentasi Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Listening Teks Naratif Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Powerpoint
dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan listening siswa SMP.
Masalah yang disoroti pada penelitian ini adalah motivasi belajar yang rendah
dan kemampuan listening kelas VIII.A siswa SMPN 1KlatenTahun pelajaran
2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September hingga Nopember
2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus.Setiap siklus terdiri atas empat tahapan
penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refl eksi.
Deskriptif-komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus
1 dan siklus 2, baik untuk motivasi belajar siswa maupun kompetensi listening.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Motivasi
belajar siswa mengalami peningkatan dari skor rerata motivasi belajar dari kondisi
awal, siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan. Pada siklus 1 rerata skor naik
0,22 yaitu dari 2,79 menjadi 3,01. Pada siklus 2 rerata skor naik 0,49 yaitu dari
3,01 menjadi 3,50, 2) kompetensi listening materi teks naratif juga naik dari
rata-rata 63 menjadi 85, berarti kompetensi listening 22. Persentase jumlah siswa
yang mencapai nilai ≥74 juga meningkat dari 65% pada kondisi awal menjadi
85% pada kondisi akhir, berarti meningkat 20%. Hipotesis menyatakan bahwa
motivasi belajar siswa dan kompetensi listening teks naratif siswa kelas VIII-A
SMP Negeri 1Klaten semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan
melalui penerapan teknik presentasi powerpoint dapat diterima.