Show simple item record

dc.contributor.authorSetyaningsih, Endang
dc.contributor.authorNugroho, Rio Taufiq
dc.contributor.authorPrasetyo, Dwi
dc.date.accessioned2016-09-30T02:08:33Z
dc.date.available2016-09-30T02:08:33Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAdimihardja, Mintasih. 2009. Analisis b a Penyelenggaraan Praktikum tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/J UR._PEND._BIOLOGI/1967052719 92031-ARI_WIDODO/2006Analisis_kegiatan_praktikum.pdf diakses pada Kamis 22 Desember. . 2009. Manajemen Laboratorium. Tersedia: http://www.dikti.go.id/index.php?opti on=com_content&view=article&id=6 12&Itemid=225 diakses pada Jumat 23 Desember 2011. . 2010. Pelayanan praktikum. Tersedia: http://fapet.ub.ac.id/official/phocadow nload/MPFakNov2010/mp%20fpt%2. htm diakses pada Rabu 21 Desember 2011. 1. c b . 2010. Persepsi Definisi, Faktor dan Proses Terjadinya Persepsi. Tersedia: http://blog.ilmukeperawatan.com/pers epsi-definisi-faktor-dan-prosesterjadinya-persepsi.html. diakses pada Kamis, 09 Februari 2012. . 2011. Anatomi Hewan. Tersedia: http://ilearn.unand.ac.id/cours.view/ph p?=992 diakses pada Jumat 23 Desember 2011. d . 2011. Pengertian Persepsi. Tersedia: http://www.infoskripsi.com/Article/Pe ngertian-Persepsi.html diakses pada Sabtu 24 Desember 2011. Cahyawati, Dian.2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Laboratorium Komputer Jurusan Matematika Fakultas MIPA. Jurnal Vol 13 No 3A. tersedia: http://jpsmipaunsri.files.wordpress.co m/2011/02/0101-08-a-1-dian-ok.pdf diakses pada hari Kamis, 22 Desember 2011. Dewi, Novi Ratna dan Moh. Asikin. 2009. Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Perkuliahan di UNNES. Skripsi. FMIPA: Universitas Negeri Semarang. Endang, Setyaningsih. 2015. Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun 2011/2012 dan 2012/2013 Ditinjau dari Nilai Akhir Praktikum. Jurnal Bioedukatika, Tersedia: http://bioedukatika.uad.ac.id.Vol 3 No.2 Desember 2015. Furchan, Arief. 2007. Pengantar dalam Penelitan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Harvey, Rosalind Murray; Silins, Halia; Saebel, Judith. 2013. “A Cross-culture Comparison of Student Concerns in the Teaching Practicum”. Journal of Education and Practice. Vol 4, Num 6, 6 September 2012, p.1-13. Hamalik, Oemar, 2003. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito. Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Iskandar, 2011. Anatomi hewan. Tersedia: http://galinbangkalan.blogspot.com/20 11.04/anatomi _hewan.html diakses pada Jumat 23 Desember 2011. Kusumandiri, Rini. 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tesis. Surakarta : UMS Moleong, Lexy J . 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda. Panji, Anggoro. 2006. Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan yang Mempengeruhi Kepuasan Mahasiswa pada Perguruan Tinggi “AUB” Surakarta. Tersedia: http://ejournal.stieaub.ac.id/index.php/ probank/article/download/4/1 hari kamis 22 Desember 2011. Putri, Agustina. 2015. Persepsi Mahasiswa Calon Guru Biologi Tentang Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Menengah: Studi Pengembangan Pembelajaran pada Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Bioedukatika, Tersedia: http://bioedukatika.uad.ac.id.Vol 3 No.2 Desember 2015. Riduwan. 2007. Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Romlah, Oom. 2009. Peranan Praktikum dalam Mengembangkan Keterampilan Proses dan Kerja Laboratorium. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/49076709 /PERANAN-PRAKTIKUMDALAM-MENGEMBANGKANKETERAMPILAN-KERJALABORATORIUM diakses pada Minggu, 25 Desember 2011. Rudiyanto, Teguh. 2006. Persepsi Siswa SMK Phanca Bhakti Banjarnegara terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/34329974 /7/Pengertian-Persepsi daises pada Minggu 25 Desember 2011. Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Mikroteaching. Quantum Teaching. Jakarta: PT. Ciputat Press. Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta : Bumi Aksara. . 2010. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta : Sinar Baru Algensindo. Sobiroh, Arbain, 2005. Pemanfaatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMA Se-Kabupaten Banjarnegara Semester 1 Tahun 2004/2005. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/50996099 /29/A-Tinjauan-Pustaka diakses pada Minggu 25 Desember 2011. Sriwidadi, Teguh. 2008. Analisis Persepsi Mahasiswa tentang Komitmen dan Kompetensi Dosen serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Mahasiswa. Skripsi. Universitas Indonesia Esa Unggul: Jurusan Manajemen. Tjong, Shelfie. 2011. Belajar yang Menyenangkan. Tersedia: http://www.telaga.org/belajar_yang_m enyenangkan. diakses pada Kamis 15 Desember 2011. Winarta, Joko. 2011. Peran Kinerja Guru dalam Meningkatkan Kwalitas Pendidikan ditinjau dari Input, Proses, dan Output tersedia: http://edukasi.kompasiana.com/2011/0 2/17/peran-kinerja-guru-dalammeningkatkan-kwalitas-pendidikanditinjau-dari-input-proses-dan-output/ diakses pada Minggu 26 Februari 2011. Wiranata, Dony Arya. 2011. Pengertian Ilmu Biologi. Tersedia: http://www.scribd.com/doc/23320356 /Pengertian-ilmu-biologi.html dakses pada Kamis 22 Desember 2011. Yuliani, Ani. 2011. Menyelami Konsep dan Analisis Teori Belajar dan Pembelajaran. Tersedia: http://edukasi.kompasiana.com/2011/1 0/21/menyelami-konsep-dan-analisisteori-belajar-dan-pembelajaran/ diakses tanggal 05 Desember 2011.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7573
dc.description.abstractPemberlakuan jadwal online menyebabkan pembelajaran di praktikum Anatomi Hewan (AH) berubah khususnya pada pelaksanaan praktikumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum AH dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kegiatan praktikum AH yang dilaksanakan pada Tahun Akademik (TA) 2013/2014. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perencanaan praktikum, sarana prasarana, sumber belajar, pelaksanaan kegiatan dan sistem evaluasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. untuk perencanaan praktikum sudah dalam kategori baik, tetapi harus lebih ditingkatkan lagi, 2. Untuk sarana dan prasarana termasuk alat dan bahan yang digunakan sudah lengkap dan layak, 3. Sumber belajar yang digunakan harus diperbaharui karena kurang jelas dan terdapat banyak kesalahan, 4. Pelaksanaan kegiatan sudah baik, menarik, disiplin dan meningkatkan kerjasama, tapi untuk waktu disesuaikan dengan preparat yang dihadapi, 5. Sistem evaluasi sudah dapat mengukur kemampuan individu, tapi untuk soal pretes diberi nomor.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpersepsiin_ID
dc.subjectpelaksanaan praktikumin_ID
dc.subjectanatomi hewanin_ID
dc.titlePersepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Akademik 2013/2014in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record