Show simple item record

dc.contributor.authorPradani, Iga
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2016-09-30T08:29:11Z
dc.date.available2016-09-30T08:29:11Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citation[1] Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem. Jakarta : Prestasi pustaka. [2] Komsatun, Siti., Riyadi. 2013. Eksperimentasi model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Numbered Heads Together dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Ditinjau dari Keaktifan Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 1(7). 682-689. [3] Rahman, Rizki, & Maarif, Samsul. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode DiscoveryTerhadap Kemampuan Analogi Matematika Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Ilmu Ilmiah Program Studi Matematika STIKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 33-58. [4] Ramelan, Rahmad. 2008. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Melalui Penggunaan Alat Peraga Praktikum Miniatur Tandon Air Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 3 Kota Manna. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1). 23-41. [5] Ramlah., Dani, Firmansyah., & Zubair, Hamzah. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifn Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Solusi. 1(3):68-75. [6] Sutama. 2011. Penelitian Tindakan. Semarang: CV. Citra Mandiri Utama. [7] . 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK,R & D. Kartasura: Fairuz Media [8] Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu [9] Yeni, E. M. 2011. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Edisi Khusus , 63-75.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7576
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah 1) meningkatkan keaktifan belajar matematika dengan pendekatan Reaslistic Mathematic Education (RME) berbasis Assesmen for Learning (AfL), 2) meningkatkan hasil belajar matematika Reaslistic Mathematic Education (RME) berbasis Assesmen for Learning (AfL) pada siswa kelas XA SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. sumber dasa berasal dari guru dan siswa. pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara serta dokumentasi. teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan dengan teknik analisis dan komparatif. validitas data dengan triangulasi sumber dan teknik. hasil penelitian pertama penerapan pendekatan RME berbasis AfL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas XA SMA Muhammadiyah Plus Salatiga. Kedua peningkatan keaktifan yaitu, 1) siswa memperhatikan saat kegiatan pembelajaran berlangsung sebelum diberu tindakan sebanyak 8 siswa (33,33%), Siklus I sebanyak 10 siswa (41,67%), Siklus II sebanyak 16 siswa (66,67%). 2) siswa yang dapat menyampaikan ide, pendapat atau pertanyaan saat kegiatan pembelajaran sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 5 siswa (20,83%), Siklus I sebanyak 16 siswa (66,67%), Siklus II sebanyak 17 siswa (70,83%). 3) Siswa yang dapat menyelesaikan persoalan dan membuat kesimpulan sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 6 siswa (29,16%), sete;ah dilaksanakan siklus I meingkat sebanyak 7 siswa (29,16%), siklus II sebanyak 13 siswa (54,16%). keempat, peningkatan hasil belajar matematika sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 6 siswa (25%), setelah dilaksanakan siklus I sebnayak 14 siswa (58,33%) dan setelah dilaksanakan siklus II meningkat menjadi 19 siswa (79,13%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkeaktifan belajarin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.subjectRealistic Mathematic educationin_ID
dc.subjectAssesment for Learningin_ID
dc.titlePeningkatan Kekatifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Realistic Mathematica Education (RME) Berbasis Assesment For Learning (AFL) Pada Siswa Kelas XA SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Semester Gasal Tahun 2015/2016in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record