Show simple item record

dc.contributor.authorBaiti, Afrina Nur
dc.contributor.authorSumardi
dc.date.accessioned2016-10-05T00:56:47Z
dc.date.available2016-10-05T00:56:47Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citationIbrahim dan Suparni. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Teras Haryati, Mimin.2013. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Referensi Santoso, Budi. (2007). Penilaian Portofolio Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 31-38. Subadi, Tjipto. 2010. Lesson Study berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Suatu Model Pembinaan Menuju Guru Profesional. Surakarta: Badan Penerbit FKIP-UMS. Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta:Kencana. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta. Isandespha, Ida Nurmila. 2013. “Penggunaan Asesmen Portofolio dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7585
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura melalui implementasi model penilaian portofolio berbasis lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data antara lain menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pertama, implementasi model penilaian portofolio dapat meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Kedua, peningkatan penguasaan konsep dan hasil belajar matematika yaitu 1) siswa yang mampu mengetahui ciri-ciri suatu konsep siklus I sebanyak 17 siswa (56,67%), siklus II meningkat menjadi 19 siswa (63,33%), 2) siswa yang mampu mengenal beberapa contoh dan bukan contoh dari konsep siklus I sebanyak 6 siswa (20%), siklus II meningkat menjadi 26 siswa (86,67%), 3) siswa yang dapat menggunakan hubungan antar konsep siklus I sebanyak 5 siswa (16,67%), siklus II meningkat menjadi 21 siswa (70%), 4) siswa yang dapat menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah matematika siklus I sebanyak 12 siswa (40%), siklus II meningkat menjadi 15 siswa (50%), 5) Nilai rata-rata kelas pada akhir siklus II sebesar 77,3 dengan presentase siswa lulus KKM 80%.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpenilaian portofolioin_ID
dc.subjectlesson studyin_ID
dc.subjectpenguasaan konsepin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.titlePeningkatan Penguasaan Konsep dan Hasil Belajar Matematika Melalui Implementasi Model Penilaian Portofolio Berbasis Lesson Study di SMP Muhammadiyah 1 Kartasurain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record