Show simple item record

dc.contributor.authorNurjannah, Evi
dc.contributor.authorHarta, Idris
dc.date.accessioned2016-10-05T01:05:37Z
dc.date.available2016-10-05T01:05:37Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citationBudi, Wahyu Astuti, Tri Atmojo Kusmayadi, dan Mardiyana. 2013. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD ( Student Teams Achievement Divisions) pada Materi Pokok Perbandingan dan Fungsi Trigonometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 1(7):740. Febriyanti, Chatarina dan Seruni. 2014. “Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Formatif 4(3): 245-254. Gani, Abdul. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Daya Matematis 3(3): 337-343. Gusniwati, Mira. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk.” Jurnal Formatif 5(1): 39. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan 12(1):90-96. Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Manshur, Muhammad, Sunyoto dan Sudarman. 2013. “Perbedaan Hasil Belajar Materi Baterai Antara Model Pembelajaran Kooperatif (Jigsaw dan Numbered Head Together) dengan Model Pembelajaran Ekspositori.” Automotive Science and Education Journal 2(2):1-6. Putu Adi Suputra, Nunuk Suryani, dan Putu Suriyasa. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Magister Kedokteran Keluarga 1(2): 104-116. Sekali, Endalina Br Karo. 2013.“Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi.” Jurnal Saintech 5(1):73-82. Sembiring, Rosali Br dan Mukhtar. 2013. “Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Teknologi Pendidikan 6(1):228. Setyawan, Roni, Toto’ Bara Setiawan, dan Didik Sugeng Pambudi .2013. “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Kooperatif Antara Tipe STAD dengan Tipe Jigsaw pada Pokok Bahasan Segi Empat.” Jurnal Kadikma 4(1): 129-140. Siagian, Roida Eva Flora. 2008. “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Formatif 2(2): 122-13. Sugianto, Dian Armanto, dan Mara Bangun Harahap. 2014. “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa.” Jurnal Didaktik Matematika 1(1): 114-125. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta. TIMSS and PIRLS International Study Center. 2011. TIMSS 2011 Mathematics Achievement. Trisnawati dan Dhoriva Urwatul Wutsqa. 2015. “Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching dan TGT pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2):297-307.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7586
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas yaitu kelas VIIB dan VIIC. Teknik pengambilan sampel dengan sampling acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 4.700 > Ftabel = 4.07, (2) adanya pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan FB = 4.196 > Ftabel = 3.22, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 1.116 < Ftabel = 3.22.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectstudent teams achievement divisionin_ID
dc.subjectjigsawin_ID
dc.subjectminat belajarin_ID
dc.subjectprestasi belajarin_ID
dc.titleDampak Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record