Show simple item record

dc.contributor.authorAstuti, Endah DP
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2016-10-05T01:32:29Z
dc.date.available2016-10-05T01:32:29Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citationBudiono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Firdaus. (2014). The Effect Model To Learn Guided Discovery Learning On The Result Study Of Mathematic In Students Class. Hanri, E. (2012). Magister: Implementasi Guided Discovery Dalam Pembelajaran PAI online. Diakses pada 4 Oktoer 2015. (105112083). Oktavianty, Erwina. (2011). Role Playing Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Sub Bahasan Pencemaran. Jurnal Pendidikan Matemtika dan IPA, 2(2) Agustus 2011. Primasari, Rustiana. (2011). Penggunaan Model Role Play untuk Peningkatan Pembelajaran Matematika. Pesan dikirim ke http://www.jurnal.edumat.edu/. Diakses pada 4 Oktober 2015. Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran (Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional). Jakarta: Rineka Cipta. Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sutama, (2015). Metode Penelitian pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D). Kartasura: Fairuz Media.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7590
dc.description.abstractRendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura, serta penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dengan minimnya fasilitas pembelajaran membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ada tiga. (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Role Play dan Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika. (2) Mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) Mengetahui efek interaksi antara strategi pembelajaran yang digunakan dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Sampel penelitian dua kelas yaitu kelas VIII D dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa, dan kelas VIII E dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel Cluster random sampling yang dilakukan dengan cara undian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α = 5%. (1) Tidak ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. (2) Ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectaktivitas belajar siswain_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.subjectrole playin_ID
dc.subjectguided discoveryin_ID
dc.titlePengaruh Pembelajaran Role Play dan Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswain_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record