Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Isu-Isu Kontroversial Media Massa Untuk Mengembangkan Sikap Demokratis dan Partisipasi Belajar Siswa di SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dalam mengembangkan sikap demokratis dan partisipasi belajar yang sekarang ini
dilaksanakan; 2) bagaimana desain model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis isu-isu kontroversial di media massa untuk pengembangan sikap demokratis dan partisipasi belajar
siswa; 3) seberapa besar model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis isu-isu
kontroversial di media massa dapat mengembangkan sikap demokratis dan partisipasi belajar
siswa.
Penelitian ini bersifat research and development. Pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi,
member chek, dan diskusi teman sejawat melalui FGD. Analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian antara lain: 1) Pembelajaran PKn yang berlangsung selama ini belum dapat
mengembangkan sikap demokratis dan partisipasi belajar siswa dengan baik; 2) Desain model
Pembelajaran PKn berbasis isu-isu kontroversial media massa dengan mengkolaborasikan strategi
pembelajaran aktif; 3) besaran prosentase pengembangan sikap demokratis dan partisipasi dalam
pembelajaran PKn, yakni: Hasil rata-rata ujicoba ke 1 sampai ke 6 menunjukkan kemampuan
menyampaikan pendapat secara kritis dan rasional (71,8%), kemampuan menanggapi permasalahan
secara arif (73,6%), menyanggah secara santun dan bersahabat (74,6%). Tingkat partisipasi dalam
pembelajaran sudah baik ditandai dengan kemampuan siswa dalam partisipasi secara cerdas (78,8%),
partisipasi secara bertanggung jawab (81,3%), dan partisipasi secara saling menghargai (84,5%).