Show simple item record

dc.contributor.authorPriastuti, Andhita Windy
dc.contributor.authorHW, Slamet
dc.date.accessioned2016-10-05T08:23:34Z
dc.date.available2016-10-05T08:23:34Z
dc.date.issued2016-05-15
dc.identifier.citation[1] Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. [2] I. Ajayi. A dan Ekundayo Haastrup T. 2009. The Application of Information and Communication Technology in Nigerian Secondary School. International NGO Journal.Vol. 4 (5) hal 281-286 [3] Inayah, Ridaul dkk. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1 (1): 1-13. [4] Khafid, Muhammad dan Suroso. 2007. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (2): 185-204. [5] Marsudi, Saring dkk. 2011. Landasan Pendidikan. Surakarta: FKIP-UMS. [6] Mawarsih, Siska Eko.2013. “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo”. Jurnal pendidikan UNS, 1 (3): 1-13. [7] Muhroji, dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Surakarta: FKIP-UMS. [8] Nurdin. 2011. Pengaruh Minat Baca, “Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu SMP Negeri 13 Bandar Lampung”. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8 (1): 88-101. [9] Rafiq, Hafiz Muhammad Waqas, dkk. Parental Involvement and Academic Achievement; A Study on Secondary School Students of Lahore, Pakistan. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 3( 8) hal 209-223. [10] Subadi, Tjipto. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: FKIP- UMS. [11] Tirtiana, Chandra Putri. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Poin, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntasi pada Siswa Kelas X Akt SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2 (2):15-23.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7610
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) Dukungan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) Dukungan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (3) Dukungan fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIB-VIIID yang berjumlah 94. Sampel dalam penelitian ini diambil 74 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas dan uji keberartian. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F, uji determinasi, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian: (1) Fasilitas belajar memberi dukungan positif terhadap prestasi belajar matematika, dengan α=0,05 dan sumbangan efektif sebesar 11,2%. (2) Lingkungan keluarga memberi dukungan positif terhadap prestasi belajar matematika, dengan α=0,05 dan sumbangan efektif sebesar 16,3%. (3) Fasilitas belajar dan lingkungan keluarga bersama-sama memberi dukungan positif terhadap prestasi belajar matematika, dengan α=0,05 dan R^2=27,5%.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectfasilitas belajarin_ID
dc.subjectlingkungan keluargain_ID
dc.subjectprestasi belajar matematikain_ID
dc.titleDukungan Fasilitas dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record