Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika dengan Strategi Problem Based Learning di SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X TEI ( Teknik Elektronika Industri ) SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan strategi Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas X TEI dengan jumlah 35 siswa bertindak subyek sebagai penerima tindakan. Guru matematika sebagai subyek pelaku tindakan, kepala sekolah serta staf pengajar sebagai subyek pembantu. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi, tes, catatan lapangan, serta dokumentasi. Teknik analisis data dimulai sejak tindakan kelas sampai penelitian berakhir. Sumber data dari siswa, guru, dan dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan fokus penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika terhadap pembelajaran matematika. peningkatan tersebut dapat dilihat dari aspek lisan (mampu bertanya, menjawab dan menyimpulkan) dari (17,14%) menjadi (71,43%), aspek tertulis (mampu menyatakan hasil dan menggunakan simbol matematika secara tepat) dari (22,86%) menjadi (71,43%), aspek gambar (mampu mengubah permasalahan ke dalam ilustrasi penyelesaian) dari (20,00%) menjadi (68,57%), aspek menjelaskan konsep (mampu menjelaskan solusi matematika) dari (22,86%) menjadi (77,14%).