• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika dengan Strategi Problem Based Learning di SMK

    Thumbnail
    View/Open
    28.Makalah_Rohmad.pdf (133.9Kb)
    Date
    2016-05-15
    Author
    Wibowo, Rohmad Ari
    Sutama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas X TEI ( Teknik Elektronika Industri ) SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dengan strategi Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas X TEI dengan jumlah 35 siswa bertindak subyek sebagai penerima tindakan. Guru matematika sebagai subyek pelaku tindakan, kepala sekolah serta staf pengajar sebagai subyek pembantu. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi, tes, catatan lapangan, serta dokumentasi. Teknik analisis data dimulai sejak tindakan kelas sampai penelitian berakhir. Sumber data dari siswa, guru, dan dokumen-dokumen lain yang berhubungan dengan fokus penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika terhadap pembelajaran matematika. peningkatan tersebut dapat dilihat dari aspek lisan (mampu bertanya, menjawab dan menyimpulkan) dari (17,14%) menjadi (71,43%), aspek tertulis (mampu menyatakan hasil dan menggunakan simbol matematika secara tepat) dari (22,86%) menjadi (71,43%), aspek gambar (mampu mengubah permasalahan ke dalam ilustrasi penyelesaian) dari (20,00%) menjadi (68,57%), aspek menjelaskan konsep (mampu menjelaskan solusi matematika) dari (22,86%) menjadi (77,14%).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7614
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV