Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar matematika melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah Endang Dwiyani, S.Pd selaku guru matematika kelas XI AK 1 SMK N 1 Banyudono yang bertindak sebagai subjek yang memberikan tindakan, Kepala SMK N 1 Banyudono sebagai subjek yang membantu dalam pengumpulan data, sedangkan siswa kelas XI AK 1 SMK N 1 Banyudono Tahun Ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 36 siswa perempuan sebagai subjek peneliti yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah a) peningkatan antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran dari 27,78 % menjadi 60%, b) peningkatan jumlah siswa bertanya tentang materi yang belum jelas dari 8,33% menjadi 42,86%, dan c) peningkatan partisipasi siswa dalam kelompok dari 19,44% menjadi 54,28%.