Pemahaman Matematika Berbasis Tingkat Kemampuan Siswa Materi Logaritma
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan tinggi materi logaritma. 2) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan sedang materi logaritma. 3) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan rendah materi logaritma. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) siswa yang termasuk dalam kategori mempunyai kemampuan tinggi cenderung memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang baik. 2) siswa yang termasuk dalam ketegori mempunyai kemampuan sedang ada yang memiliki pemahaman prosedural yang baik namun lemah pada konseptualnya, serta ada yang memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang cukup baik. 3) siswa yang termasuk dalam kategori mempunyai kemampuan rendah memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang lemah.