Pemodelan Karakteristik Tingkat Pendidikan Anak di Provinsi Jawa Barat Menggunakan Log Linear
View/ Open
Date
2016-05-15Author
Pontoh, Resa Septiani
Sunengsih, Neneng
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan adalah hak warga Negara yang diatur oleh undang-undang. Evaluasi mengenai capaian tingkat pendidikan pun terus dilakukan. Pemodelan yang dapat memberikan gambaran apakah faktor pendidikan orang tua (ayah dan ibu), pemilihan lokasi sekolah, jenis kelamin dan lokasi tempat tinggal mempengaruhi tingkat pendidikan seseorang perlu dilakukan. Jika kelima hal tersebut berdampak positif, maka tentunya faktor-faktor tersebut dapat dijadikan salah satu acuan untuk dapat meningkatkan motivasi warga Negara Indonesia dalam mengikuti pendidikan formal. Penelitian ini akan melihat faktor atau karakteristik apa saja yang mempunyai pengaruh terhadap tingkat pendidikan seorang anak di Provinsi Jawa Barat. Data yang digunakan adalah sebanyak 2010 responden masyarakat di wilayah ini. Jenis data tersebut bersifat kualitatif sehingga analisis regresi sederhana menjadi kurang tepat. Model log linear dapat menjadi salah satu alternatif solusi karena model ini menunjukkan ada tidaknya hubungan antar beberapa variabel pada tabel kontingensi banyak arah. Analisis ini memungkinkan dilakukannya modifikasi ada atau tidaknya interaksi antar dua atau lebih variabel. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tingkat pendidikan orang tua dan lokasi sekolah memberikan kontribusi positif terhadap tingkat pendidikan masyarakat di Provinsi Jawa Barat. Seseorang yang bersekolah di daerah kota, begitu pula orang tua yang berpendidikan lebih tinggi, cenderung memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi.