dc.contributor.author | Arfiah, Sri | |
dc.contributor.author | Sumardjoko, Bambang | |
dc.contributor.author | Prasetyo, Agus | |
dc.date.accessioned | 2016-10-19T04:02:37Z | |
dc.date.available | 2016-10-19T04:02:37Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. 2011. Garis Besar Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Penilaian kompetensi peserta didik sekolah menengah pertama. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 198 Tahun 2011 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Syarat Kecakapan Umum. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 238 Tahun 1961 Tentang Gerakan Pramuka. Mertoprawiro, Soedarsono. 1992. Pembinaan Gerakan Pramuka dalam Membangun Watak dan Bangsa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Moleong, Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remadja Rosdakarya. Patimah. 2011. Pendidikan Karakter Melalui Program Ekstrakurikuler. Diakses http://skp.unair.ac.id/repository/Guru_Ind onesia/PENDIDIKANKARAKTER_PAT IMAH_16759.pdf.html tanggal 20 Juni 2014 pukul 20.00 WIB. Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Widodo, Agus. 2007. Ramuan Lengkap Bagi Penggalang, Pramuka Penegak dan Pembina Pramka. Yogyakarta: Kwartir Daerah XII DIY. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sudrajat, Akhmad. 2010. “Pengembangan Karakter” (http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2010/12/26/pengembanga n-karakter/). Diakses pada hari tanggal 12 Agustus 2014 pukul 18.10 WIB. Syarif, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasi Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers. Undang Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7643 | |
dc.description.abstract | Kepramukaan merupakan kegiatan yang berguna untuk membentuk sifat, moral, dan
kecerdasan sosial. Kepramukaan juga menjadi media yang efektif untuk menanamkan karakter pada
peserta didik. Keberadaan mata kuliah Kepramukaan sejalan dengan visi dan misi yang diemban
Program Studi PPKn FKIP UMS. Penelitian multi years ini bertujuan untuk mengembangkan
pentingnya penguatan karakter melalui model perkuliahan Kepramukaan pada mahasiswa sebagai
upaya peningkatan mutu lulusan.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) mengidentifikasi pelaksanaan perkuliahan
Kepramukaan pada Prodi PPKn FKIP UMS di dalam dan di luar kelas; (2) menghasilkan draft model
penguatan karakter melalui perkuliahan kepramukaan pada mahasiswa PPKn sebagai upaya
peningkatan mutu lulusan.
Hasil penelitian tahun ke-1 menjelaskan bahwa: (1) pelaksanaan perkuliahan Kepramukaan di Prodi
PPKn FKIP UMS dilaksanakan pada semester I, II dan IV; (2) penguatan karakter pada mahasiswa
diharapkan lebih optimal, dengan pengembangan model Magang Kepramukaan di Prodi PPKn FKIP
UMS. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | model | in_ID |
dc.subject | karakter | in_ID |
dc.subject | kepramukaan | in_ID |
dc.title | Model Penguatan Karakter Melalui Perkuliahan Kepramukaan Pada Mahasiswa PPkn Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |