Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write
Abstract
Matematika merupakan ilmu yang terstruktur, sistematis dan logis. Motivasi merupakan
salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam belajar khususnya matematika. Belajar matematika
membutuhkan kemampuan berpikir kritis matematis, karena dalam menyelesaikan masalah
matematika dibutuhkan strategi, pendekatan, dan solusi yang tepat. Oleh karena itu penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis pada mata
kuliah Aljabar Matriks dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write mahasiswa
semester 4 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,
Tahun Ajaran 21015/2016.
Adapun jenis penelitian merupakan penelitian PTK, subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, obyeknya adalah
Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, catatan lapangan, tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi,
kemampuan berpikir kritis, lembar wawancara, soal tes. Teknik analisis data menggunakan penyajian
data, penarikan kesimpulan, analisis data observasi. Indikator Keberhasilannya adalah motivasi
mahasiswa minimal mencapai kriteria baik ( 61%), untuk kemampuan berpikir kritis mahasiswa
minimal tinggi ( > 78 %)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan kemampuan berpikir kritis
matematis pada mata kuliah Aljabar Matriks menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write.
Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi motivasi pada mahasiswa pada siklus I sebesar 77,6 %, siklus
II sebesar 89,5% pada kategori baik. Sedangkan hasil tes rata-rata kemampuan berpikir kritis
matematis mahasiswa pada siklus I sebesar 63.09% pada kategori baik, siklus II sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil belajar pada mata kuliah Aljabar matriks nilai rata-rata pada siklus I
sebesar 58,63, siklus II sebesar 83,63 dengan kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa
model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir
kritis matematis pada mahasiswa.