Kesulitan-Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidkan Kewarganegaraan (PKn) Kurikulum 2013 di SMP Se Kota Yogyakarta
View/ Open
Date
2016-08-03Author
Susena
Triwahyuningsih
Supriyadi
Arief, Dikdik Baehaqi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dirancang sebagai mata pelajaran di
sekolah, memuat dimensi-dimensi kognitif, afektif, dan psikhomotorik, bersifat konfluen atau
saling penetrasi dan terintegrasi dalam konteks substansi ide, nilai, konsep dan moral. Dalam
praksis/pelaksanaannya banyak mengalami kendala dan keterbatasan, diantaranya terdapat
indikasi-indikasi: kompetensi guru PKn yang nampak kurang paham dan kadang mengalami
kebingungan dalam mengembangkan pembelajarannya, kurang menariknya kegiatan
pembelajaran sehingga membosankan siswa, dsb. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan
diskripsi tentang peta permasalahan, khususnya mengenai kesulitan guru dalam
mengembangkan perangkat pembelajaran PKn di sekolah. Jenis nelitian ini termasuk
penelitian survey (eksplorasi) yang mengambil subyek para Guru PKn di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) yang berlokasi di kota Yogyakarta. Data dihimpun dengan cara menyebarkan
kuesioner untuk diisi oleh para guru pengasuh mata pelajaran PKn. Analisis data dilakukan
melalui tahapan pengumpulan dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan caracara
berfikir logis induktif, memaknai suatu gejala yang bersumber dari persepsi guru, dan
menghubungkan satu dengan lainnya sehingga diperoleh suatu diskripsi yang sistamtis
mengenai permasalahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru PKn pada SMPSMP
di kota Yogyakarta tidak terlepas dari berbagai kesulitan yang bervariasi dalam
menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran PKn berbasis
Kurikulum 2013. Kesulitan-kesulitan menyusun RPP yang dimaksud meliputi: (1) Kesulitan
administrasi pada proses dan lemahnya penguasaan prinsip-prinsip pengembangan; (2).
Kesulitan guru dalam menentukan langkah-langkah mengkaji silabus, identifikasi materi pembelajaran, menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran, pengembangan kegiatan
pembelajaran, penjabaran jenis penilaian, dan alokasi waktu, serta sumber belajarnya.