dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penelitian, 282 282 Jakarta: Rineka Cipta. Deddy Kurniawan, (2012), Motif Penggunaan Group Info Akademik pada Situs Jejaring Sosial Facebook di Kalangan Mahasiswa, e-journal Mahasiswa Universitas Padjadjaran Vol. 1 No. 1 Moleong, Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Nurudin, 2007. Pengantar Komunikasi Massa Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Nurul Izzati, (2015), Motif Penggunaan Gadget Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online di Kalangan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, jurnal komunikasi ASPIKOM, volume 2 Nomor 5, Juli 2015, hlm 374 – 380 Raden Nurmidia Endah, (2015), Peranan Media Instagram dalam Membuka Bisnis Online Shop, Proseding Penelitian Sivitas Akademika (Sosial dan Humaniora). | in_ID |
dc.description.abstract | Perkembangan smartphone dan internet yang sangat cepat berpengaruh terhadap aktivitas
mahasiswa. Mahasiswa memerlukan informasi akademis untuk menunjang kebutuhan studynya. Berbagai cara
digunakan mahasiswa dalam mencari informasi akademis salah satunya menggunakan media social online.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media social online yang digunakan mahasiswa untuk
mendapatkan informasi akademis. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif dengan metode
deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu bagaimana mahasiswa menggunakan media social online untuk
mendapatkan informasi yang sangat cepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program Studi Pendidikan
Akuntansi menggunakan media social Whats App untuk memberikan informasi kepada mahasiswa; 2) Untuk
mendapatkan informasi akademis secara cepat, mereka menggunakan media social dengan cara membuat grup
atau kelompok yang biasanya dibuat dalam satu angkatan untuk satu kelas; 3) Mahasiswa dalam mendapatkan
informasi akademis menggunakan media social online, antara lain : Whats App, BBM, Line, Facebook | in_ID |