Show simple item record

dc.contributor.authorKusumaningtyas, Dian Artha
dc.contributor.authorNursulistiyo, Eko
dc.date.accessioned2016-10-20T06:19:32Z
dc.date.available2016-10-20T06:19:32Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationBlaine R. Worthen and James R. Sanders, Educational Evaluation: Theory and Practice (Worthington, Ohio: Charles A. Jones, 1973) Brinkerhoff, R.O., Brethower, D.M., Hluchyj, T., Nowakowski, J.R. (1983). Program evaluation A practioner’s guide for trainers and educators. Boston, MA: KluwerNijnoff Publishing. Carol H. Weiss ·1972. Evaluation Research: Methods of Assessing Program Effectiveness. 1972. Columbia University Press, New York Isaac, Stephen & William B. Michael. 1984. Handbook in Research and Evaluation. San Diego, California: Edits Publishers Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. Thousand Oaks, CA: Sage. R. Kaufman & S. Thomas, Evaluations Without Fear (New York: Viewpoints, 1980), pp. 109-113. Stufflebeam, D.L., & Shinkfield, A.J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. (pp.240-241). San Francisco, CA: Jossey-Bass. Sudarsono, F.X. (1994). Penelitian evaluasi. Yogyakarta: Lembaga Penelitian 348 348 Universitas Negeri Yogyakarta.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7664
dc.description.abstractTelah dilakukan penelitian evaluasi Pelaksanaan kelas unggulan di program studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi pelaksanaan kelas unggulan di UAD khususnya pendidikan Fisika dari aspek input, proses, dan product/output, dan dukungan pelaksanaanya. 2) Kendala yang dihadapi UAD dalam menerapkan kelas unggulan. 3) Upaya yang sudah dilakukan universitas khususnya Pendidikan Fisika untuk mengatasi berbagai kendala dan hambatan yang dihadapi dalam implementasi kelas unggulan. Metode penelitian menggunakan metode CIPP (Content, Input, Proses, Product) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) rata-rata penilaian pada aspek pengelolaan adalah 79,75 % berada pada kategori Baik, 2) rata-rata penilaian pada aspek dosen adalah 62,63 % berada pada kategori Baik, 3) rata-rata penilaian pada aspek mahasiswa adalah 79,75 % berada pada kategori Baik, 4) rata-rata penilaian pada aspek pengelolaan adalah 75 % berada pada kategori Baik. Keempat aspek memunyai rata-rata nilai 72,28 % (Baik). Kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan kelas unggulan di program studi Pendidikan Fisika adalah a. Rasio pendaftar dan yang diterima masih kurang, b. Rata-rata nilai TOEFL mahasiswa harus dinaikkan, c. Persentase mata kuliah praktikum yang diajarkan dengan pengantar bahasa Inggris dilengkapi dengan petunjuk praktikum dalam bahasa Inggris harus ditambah, d. Rata-rata skor TOEFL (yang setara) mahasiswa perlu ditingkatkan, d. Penggunaan bahasa Inggris untuk komunikasi perlu ditingkatkan, e. Perlu dilaksanakannya kegiatan penulisan artikel dan seminar berbahasa Inggris oleh dosen dan mahasiswa. Penanganan yag disarankan untuk kedepan adalah diubahnya mekanisme penerimaan mahasiswa kelas unggulan di program studi Pendidikan Fisika, diefektifkanya Community of English In Physics Education (CUEPE), dan pencetakan buku petunjuk praktikum dalam bahasa Inggris. Skor TOEFL mahasiswa akan ditingkatkan dengan mengefektifkan kegiatan CUEPE (Community of English in Physics Education). Kelas dengan pengantar bahasa Inggris akan ditambah.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectpenelitianin_ID
dc.subjectevaluasiin_ID
dc.subjectkelas unggulanin_ID
dc.subjectPendidikan Fisikain_ID
dc.titleEvaluasi Pelaksanaan Kelas Unggulan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakartain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record