dc.contributor.author | Kusumaningtyas, Dian Artha | |
dc.contributor.author | Nursulistiyo, Eko | |
dc.date.accessioned | 2016-10-20T06:19:32Z | |
dc.date.available | 2016-10-20T06:19:32Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Blaine R. Worthen and James R. Sanders, Educational Evaluation: Theory and Practice (Worthington, Ohio: Charles A. Jones, 1973) Brinkerhoff, R.O., Brethower, D.M., Hluchyj, T., Nowakowski, J.R. (1983). Program evaluation A practioner’s guide for trainers and educators. Boston, MA: KluwerNijnoff Publishing. Carol H. Weiss ·1972. Evaluation Research: Methods of Assessing Program Effectiveness. 1972. Columbia University Press, New York Isaac, Stephen & William B. Michael. 1984. Handbook in Research and Evaluation. San Diego, California: Edits Publishers Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. Thousand Oaks, CA: Sage. R. Kaufman & S. Thomas, Evaluations Without Fear (New York: Viewpoints, 1980), pp. 109-113. Stufflebeam, D.L., & Shinkfield, A.J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. (pp.240-241). San Francisco, CA: Jossey-Bass. Sudarsono, F.X. (1994). Penelitian evaluasi. Yogyakarta: Lembaga Penelitian 348 348 Universitas Negeri Yogyakarta. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7664 | |
dc.description.abstract | Telah dilakukan penelitian evaluasi Pelaksanaan kelas unggulan di program studi Pendidikan
Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)
Implementasi pelaksanaan kelas unggulan di UAD khususnya pendidikan Fisika dari aspek input,
proses, dan product/output, dan dukungan pelaksanaanya. 2) Kendala yang dihadapi UAD dalam
menerapkan kelas unggulan. 3) Upaya yang sudah dilakukan universitas khususnya Pendidikan Fisika
untuk mengatasi berbagai kendala dan hambatan yang dihadapi dalam implementasi kelas unggulan.
Metode penelitian menggunakan metode CIPP (Content, Input, Proses, Product) . Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : 1) rata-rata penilaian pada aspek pengelolaan adalah 79,75 % berada pada
kategori Baik, 2) rata-rata penilaian pada aspek dosen adalah 62,63 % berada pada kategori Baik, 3)
rata-rata penilaian pada aspek mahasiswa adalah 79,75 % berada pada kategori Baik, 4) rata-rata
penilaian pada aspek pengelolaan adalah 75 % berada pada kategori Baik. Keempat aspek memunyai
rata-rata nilai 72,28 % (Baik). Kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan kelas unggulan di
program studi Pendidikan Fisika adalah a. Rasio pendaftar dan yang diterima masih kurang, b. Rata-rata
nilai TOEFL mahasiswa harus dinaikkan, c. Persentase mata kuliah praktikum yang diajarkan dengan
pengantar bahasa Inggris dilengkapi dengan petunjuk praktikum dalam bahasa Inggris harus ditambah,
d. Rata-rata skor TOEFL (yang setara) mahasiswa perlu ditingkatkan, d. Penggunaan bahasa Inggris
untuk komunikasi perlu ditingkatkan, e. Perlu dilaksanakannya kegiatan penulisan artikel dan seminar
berbahasa Inggris oleh dosen dan mahasiswa. Penanganan yag disarankan untuk kedepan adalah
diubahnya mekanisme penerimaan mahasiswa kelas unggulan di program studi Pendidikan Fisika,
diefektifkanya Community of English In Physics Education (CUEPE), dan pencetakan buku petunjuk
praktikum dalam bahasa Inggris. Skor TOEFL mahasiswa akan ditingkatkan dengan mengefektifkan
kegiatan CUEPE (Community of English in Physics Education). Kelas dengan pengantar bahasa
Inggris akan ditambah. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | penelitian | in_ID |
dc.subject | evaluasi | in_ID |
dc.subject | kelas unggulan | in_ID |
dc.subject | Pendidikan Fisika | in_ID |
dc.title | Evaluasi Pelaksanaan Kelas Unggulan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |