PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH SENI RUPA UNTUK ANAK USIA DINI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PG PAUD JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP
Abstract
Masalah dalam tulisan ini adalah mengenai kebutuhan, pengembangan, dan validasi media pembelajaran media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata kuliah Seni Rupa untuk Anak Usia Dini pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Uji coba lapangan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2015 dengan jumlah peserta 15 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) FKIP Universitas Tadulako. Penentuan peserta dilakukan dengan teknik purposive sampling atau dengan tujuan, yaitu untuk efesiensi dan efektifitas waktu dan biaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi, wawancara yang dilakukan adalah wawancara tidak langsung dengan cara menyebarkan angket. Tahap awal atau studi pendahuluan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, maka instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya kebutuhan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dan yang dikembangkan adalah produk Video Compact Disc (VCD), serta hasil validasi berupa Video Compact Disc (VCD) layak digunakan pada mata kuliah Seni Rupa untuk Anak Usia Dini pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP.