Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Humanis Religius dI SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memotret pelaksanaan pembelajaran humanis Religius dalam
membangun karakter siswa di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Sesuai dengan
Misi pertama di SD Muhammadiyah Pk bahwa sekolah ini didirikan atas dasar Misi Sekolah harus
menyelenggarakan proses Kegiatan belajar mengajar yang humanis religious yang disesuaikan dengan
tahap perkembangan anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif denganpendekatan
fenomenologis. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi
dengan menggunakan keabsahan data triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan
tiga langkah yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran humanis religious dilaksanakan dengan cara integrated curriculum yaitu dengan
menggabungkan kurikulum 2013 dengan kurikulum interen (kurikulum ilahiyah) dengan memasukkan
konsep humanism dan nilai-nilai religiuslitas sehingga mampu terwujudnya karakter unggul, melalui
kegiatan-kegiatan yang dikembangkan di sekolah yaitu: 1) Joyfull Learning/Learning by Playing. 2)
Pemenuhan kebutuhan anak dan hak-hak anak. 3) Memaksimalkan potensi anak ( guru menjadi fasilitator
yang baik). 4) Kepala sekolah memenuhi semua kebutuhan guru sehingga guru mampu melakukan
pemenuhan kebutuhan siswa. 5) Melibatkan siswa dalam setiap pembelajaran (Learning by Doing). 6)
Keteladan Kepala Sekolah dan Guru. 7) Transformative Learning/CTL; menggunakan konteks yang sesuai
dengan perkembangan anak. 8) Penerapan konsep-konsep Alquran dan Hadis dalam pembelajaran
(kurikulum Syariah).