Show simple item record

dc.contributor.authorSiregar, Hotma
dc.date.accessioned2016-10-23T23:38:09Z
dc.date.available2016-10-23T23:38:09Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta. Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada. Istarani, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Medan. Media Persada. Jauhari, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasisi CTL (Contextual Teaching dan Learning). Jakarta. Prestasi Pustakaraya. Suprijono, Agus. (2009), Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Belajar. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya. Slameto, 2010. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta. Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung. Tarsito Sardiman, 2007. Ciri-ciri Hasil Belajar. Bandung. Tarsito Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7834
dc.description.abstractDi program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan banyak terdapat mata kuliah yang berisikan materi hukum. Bagi mahasiswa ternyata agak sulit untuk memahami materimateri hukum ini, karena banyak istilah-istilahnya yang sulit dimengerti dan dibuktikan dengan rendahnya nilai akhir mahasiswa. Hal ini akan menyulitkan bagi mahasiswa, karena mata kuliah hukum akan berkelanjutan. Jika mahasiswa tidak memahami materi hukum sejak semester awal, maka akan menyulitkan dalam semester berikutnya. Menyikapi hal tersebut, maka dilakukanlah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Paikem akan meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah yang berisi materi hukum. Penelitian dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semester VI program studi PPKn dalam mata kuliah Hukum Tata Negara dengan jumlah mahasiswa 36 (tiga puluh enam) orang. Setelah penelitian tindakan kelas dilakukan, maka terlihat adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa. Terbukti dari hasil pretes dimana mahasiswa yang tuntas belajar hanya sebanyak 16 orang (44,44%) dari jumlah mahasiswa 36 orang dan setelah dilakukan postes pada siklus I, maka jumlah mahasiswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 34 orang (94,44%) dan hanya 2 orang (5,56%) yang tidak tuntas. Pada siklus I saja telah menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectModel Paikemin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Aktif, Inovatif , Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record