dc.contributor.author | Siregar, Hotma | |
dc.date.accessioned | 2016-10-23T23:38:09Z | |
dc.date.available | 2016-10-23T23:38:09Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta. Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada. Istarani, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Medan. Media Persada. Jauhari, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasisi CTL (Contextual Teaching dan Learning). Jakarta. Prestasi Pustakaraya. Suprijono, Agus. (2009), Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Belajar. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya. Slameto, 2010. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta. Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung. Tarsito Sardiman, 2007. Ciri-ciri Hasil Belajar. Bandung. Tarsito Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7834 | |
dc.description.abstract | Di program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan banyak terdapat mata
kuliah yang berisikan materi hukum. Bagi mahasiswa ternyata agak sulit untuk memahami materimateri
hukum ini, karena banyak istilah-istilahnya yang sulit dimengerti dan dibuktikan dengan
rendahnya nilai akhir mahasiswa. Hal ini akan menyulitkan bagi mahasiswa, karena mata kuliah
hukum akan berkelanjutan. Jika mahasiswa tidak memahami materi hukum sejak semester awal,
maka akan menyulitkan dalam semester berikutnya. Menyikapi hal tersebut, maka dilakukanlah
penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif
dan Menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui apakah
penerapan model pembelajaran Paikem akan meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah yang
berisi materi hukum. Penelitian dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semester VI
program studi PPKn dalam mata kuliah Hukum Tata Negara dengan jumlah mahasiswa 36 (tiga
puluh enam) orang. Setelah penelitian tindakan kelas dilakukan, maka terlihat adanya peningkatan
hasil belajar mahasiswa. Terbukti dari hasil pretes dimana mahasiswa yang tuntas belajar hanya
sebanyak 16 orang (44,44%) dari jumlah mahasiswa 36 orang dan setelah dilakukan postes pada
siklus I, maka jumlah mahasiswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 34 orang (94,44%) dan
hanya 2 orang (5,56%) yang tidak tuntas. Pada siklus I saja telah menunjukkan ketuntasan belajar
secara klasikal. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Model Paikem | in_ID |
dc.subject | hasil belajar | in_ID |
dc.title | Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Aktif, Inovatif , Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |