dc.identifier.citation | Bakry, Sama‟un , ( 2005) , Menggagas Ilmu Pendidikan Islam. Bandung Pestaka Bani Quraisy. Baswir, Revrisond dkk. 2003. PembangunanTanpa Perasaan. Jakarta : ELSAM Dr. H. Abdul Majid, MA, (2002). Khutbah Idul Fitri : Pendidikan Berbasis Tauhid. Dosen PAI - Universitas Pendidikan Indonesia. http://hamzahsmile.blogspot.co.id/2011/05/sekol ah-islam-unggulan.html. Diakses tanggal 26 Juli 2016 http://kamus bahasaindonesia.org/pendidikan/mirip, diakses tanggal 25 Juli 2016 pukul 12:10 wib). https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_2013. Diakses pada tanggal 25 Juli 2016 Nazili, Shaleh, Ahmad. 2011. Pendidikan dan Masyarakat, Sabda Media, Pengembangan Kurikulum 2013, Bahan Uji Publik, Kemendikbud Rembagy, Musthofa, (2008). Pendidikan Transformatif: pergulatan kritis merumuskan pendidikan di tengah pusaran arus globalisasi. Yogyakarta: Teras. Saroni, Muhammad. (2011). Orang Miskin Bukan Orang Bodoh. Yogyakarta. Bahtera Buku. Tilaar, H.A.R., (2002), Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia. Yamin, Martinis , ( 2008) , Paradigma pendidikan Konstruktifistik. (Jakarta: Gaung Persada Press.. Yogyakarta. http://www.jugaguru.com. Diakses pada Tanggal 24 Juli 2016. | in_ID |
dc.description.abstract | Sekolah berbasis agama Islam adalah salah satu bentuk lembaga pendidikan islam hasil
modifikasi antara model pendidikan Islam di lembaga pendidikan tradisional pesantren dan sistem
pendidikan klasikal yang diadopsi dari kurikulum nasional. Tujuan utama pendidikan Islam model
sekolah berbasis agama Islam adalah membentuk pribadi muslim yang kuat mulai keyakinan
teologis, pengalaman agama dan perwujudan perilaku anak yang berakhlak. Untuk menjadikan
sekolah Islam itu benar-benar baik, perlu sebuah formulasi konsep, visi-misi dan tujuan yang
hendak dicapai oleh lembaga itu. Sekolah Islam/madrasah bukan sekadar slogan dan nama,
melainkan mengemban amanah yang mulia untuk melahirkan lulusan yang mutunya baik. Visi-misi
dan tujuan itu kemudian dijadikan sebagai acuan dan nilai-nilai bagi para pimpinan, guru dan
karyawan serta para siswa untuk mendasari setiap aktivitas dan kegiatan pembelajarannya. | in_ID |