dc.contributor.author | Widyaningrum, Trianik | |
dc.date.accessioned | 2016-10-23T23:55:38Z | |
dc.date.available | 2016-10-23T23:55:38Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi.2000. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Rieneka Cipta Erna, 2009. Indikator Keaktifan Siswa. http://ardhana12.wordpress.com/2009/01 /20/indikator-keaktifan-siswa-yangdapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/ Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya University Press Jonassen, D.H.(1999). Designing Constructivist Learning Environments. In Reigeluth, C.M.(Ed.), Instructional-Design Theories and Models, Vol. II, New Jersey:LawrenceErlbaumAssociates, 215239. Nurhadi dan Sinduk, Agus Gerrard. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK.Malang : Universitas Negeri Malang. Pramawati, Ni Putu Eka. 2005. “Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Energi dan Usaha sebagai Upaya Mengubah Miskonsepsi dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII C Semester 2 SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2004/2005”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Rochiati Wiriatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya Purwanto, 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Andi Offset. Sugiyono.2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Sudrajat, Akhmad. 2008. Cooperative Learning- teknik Problem Based Learning. http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Wiriaatmadja.2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Program Pasca Sarjana UPI dan Remaja Rosdakarya. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7838 | |
dc.description.abstract | Salah satu program studi di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan adalah Program Studi
Pendidikan Biologi. Berdasar hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi semester lima tahun ajaran
2013/2014 pada mata kuliah metodologi penelitian terlihat sudah cukup baik yaitu berkisar 54-83, akan
tetapi saat perkuliahan berlangsung banyak mahasiswa yang kurang aktif dalam mengikuti perkuliahan,
banyak mahasiswa yang asyik dengan dirinya sendiri, ada juga yang mengantuk, dan kurang
memahami materi perkuliahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar mahasiswa pendidikan biologi UAD khususnya pada mata kuliah metodologi penelitian melalui
model belajar kelompok Problem Based Learning.
Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi UAD Klas B semester lima yang berjumlah
43 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif.
Pihak yang melakukan tindakan adalah dosen pengampu sendiri sedangkan yang diminta melakukan
pengamatan adalah mahasiswa dengan tahapan dalam penelitian yaitu Perencanaan (plan), Tindakan
(act), Pengamatan (observe), Refleksi (reflect). Dalam Penelitian ini digunakan dua lembar observasi,
yaitu lembar observasi keaktifan mahasiswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran
menggunakan model belajar kelompok Problem Based Learning. Analisis data menggunakan analisis
Deskriptif.
Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif Problem Based Learning
dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa Kelas B pada Mata Kuliah Metodologi
Penelitian Tahun Ajaran 2014/2015. Pada akhir siklus II jumlah mahasiswa yang mencapai nilai di atas
standar ketuntasan belajar minimal atau memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari 70 adalah 37
siswa atau 86 %. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Keaktifan Mahasiswa | in_ID |
dc.subject | hasil belajar mahasiswa | in_ID |
dc.subject | Problem Based Learning | in_ID |
dc.subject | Metodologi Penelitian | in_ID |
dc.title | Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi UAD Melalui Model Belajar Problem Based Learning pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |