Show simple item record

dc.contributor.authorWidyaningrum, Trianik
dc.date.accessioned2016-10-23T23:55:38Z
dc.date.available2016-10-23T23:55:38Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi.2000. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Rieneka Cipta Erna, 2009. Indikator Keaktifan Siswa. http://ardhana12.wordpress.com/2009/01 /20/indikator-keaktifan-siswa-yangdapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/ Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya University Press Jonassen, D.H.(1999). Designing Constructivist Learning Environments. In Reigeluth, C.M.(Ed.), Instructional-Design Theories and Models, Vol. II, New Jersey:LawrenceErlbaumAssociates, 215239. Nurhadi dan Sinduk, Agus Gerrard. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK.Malang : Universitas Negeri Malang. Pramawati, Ni Putu Eka. 2005. “Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Energi dan Usaha sebagai Upaya Mengubah Miskonsepsi dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII C Semester 2 SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2004/2005”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Rochiati Wiriatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya Purwanto, 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Andi Offset. Sugiyono.2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Sudrajat, Akhmad. 2008. Cooperative Learning- teknik Problem Based Learning. http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Wiriaatmadja.2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Program Pasca Sarjana UPI dan Remaja Rosdakarya.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7838
dc.description.abstractSalah satu program studi di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan adalah Program Studi Pendidikan Biologi. Berdasar hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi semester lima tahun ajaran 2013/2014 pada mata kuliah metodologi penelitian terlihat sudah cukup baik yaitu berkisar 54-83, akan tetapi saat perkuliahan berlangsung banyak mahasiswa yang kurang aktif dalam mengikuti perkuliahan, banyak mahasiswa yang asyik dengan dirinya sendiri, ada juga yang mengantuk, dan kurang memahami materi perkuliahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi UAD khususnya pada mata kuliah metodologi penelitian melalui model belajar kelompok Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi UAD Klas B semester lima yang berjumlah 43 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Pihak yang melakukan tindakan adalah dosen pengampu sendiri sedangkan yang diminta melakukan pengamatan adalah mahasiswa dengan tahapan dalam penelitian yaitu Perencanaan (plan), Tindakan (act), Pengamatan (observe), Refleksi (reflect). Dalam Penelitian ini digunakan dua lembar observasi, yaitu lembar observasi keaktifan mahasiswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan model belajar kelompok Problem Based Learning. Analisis data menggunakan analisis Deskriptif. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa Kelas B pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tahun Ajaran 2014/2015. Pada akhir siklus II jumlah mahasiswa yang mencapai nilai di atas standar ketuntasan belajar minimal atau memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari 70 adalah 37 siswa atau 86 %.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectKeaktifan Mahasiswain_ID
dc.subjecthasil belajar mahasiswain_ID
dc.subjectProblem Based Learningin_ID
dc.subjectMetodologi Penelitianin_ID
dc.titlePeningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi UAD Melalui Model Belajar Problem Based Learning pada Mata Kuliah Metodologi Penelitianin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record