Anxiety: Apa dan Bagaimana?
Abstract
Anxiety merupakan suatu kondisi emosional seseorang yang mempunyai ciri keterangsangan fisiologis,
perasaan tegang, dan perasaan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Anxiety bisa berdampak baik dan buruk. Anxiety
berdampak baik ketika masih tergolong wajar dan terkendali, karena kinerja fisik dan intelektual siswa didorong dan
diperkuat oleh anxiety. Anxiety seperti ini akan mendorong siswa lebih mempersiapkan diri untuk proses pembelajaran
matematika. Sebaliknya, dampak buruk terjadi ketika tingkat anxiety berlebihan dan tidak terkendali. Anxiety seperti ini
membuat siswa sulit berkonsentrasi. Siswa dengan tingkat anxiety yang berlebihan cenderung bersikap pesimis dalam
menyelesaikan masalah matematika dan kurang termotivasi untuk mempelajarinya. Anxiety yang berlebihan juga
seringkali memposisikan matematika menjadi mata pelajaran yang ditakuti dan dihindari. Oleh karena itu, perlu adanya
pembahasan tentang anxiety dan bagaimana cara mengelola agar dampak baik bisa optimal sehingga menunjang proses
pembelajaran matematika yang berkualitas bagi siswa.