dc.contributor.author | Hidayati, Yulia Maftuhah | |
dc.contributor.author | Kurniawan, Fitri | |
dc.contributor.author | Ikhsanudin, Muhammad Ryan | |
dc.date.accessioned | 2016-10-25T02:40:11Z | |
dc.date.available | 2016-10-25T02:40:11Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Aedi, Nur. 2010. Pengolahan dan Analisis Data Hasil Penelitian. Diakses http://file.upi.edu/Direktori. Ali, Muhamad. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro, Volume 5(1). Diakses dari http://journal.uny.ac.id. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Budiyono, 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Kustandi, Cecep, Sutjipto, Bambang. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Mulyani. 2016. Pembelajaran Matematika dengan Alat Peraga Papan Berpasangan. EJurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Volume 5. Diakses dari http://dispendik.surabaya.go.id>jurnal. Somantri, Ating, Muhidin, Sambas Ali. 2014. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia. Suherman, Yuyus. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Bagi ABK. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7864 | |
dc.description.abstract | Matematika merupakan mata pelajaran yang banyak diterapkan dalam kehidupan seharihari.
Oleh karena itu, matematika diajarkan disemua jenjang pendidikan dari Sekolah Dasar (SD),
Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Perguruan Tinggi. Mata
pelajaran matematika tidak semua konsepnya bersifat konkret tetapi ada yang bersifat abstrak. Untuk
menyesuaikan pola belajar anak SD yang menuntut pembelajaran aktif dan menyenangkan, serta pola
pikir anak SD yang masih konkret maka perlu adanya sebuah media yang bisa menarik perhatian siswa
dan mampu menjelaskan konsep matematika yang besifat abstrak. Materi pengolahan data adalah materi
yang banyak menggunakan cara kerja abstrak dengan membayangkan banyak sekali data yang ada dan
kemudian dibuat perhitungannya. Oleh karena itu untuk mengajarkan materi tentang pengolahan data
diperlukan media. Media yang digunakan di sini adalah media Diorama dan Sempoa (DIOPOA).
Diorama berupa tiruan alam seperti pegunungan dan kehidupan yang terjadi di alam. Sedangkan sempoa
merupakan salah satu alat bantu hitung. Media tersebut memiliki fungsi utama sebagai alat dalam
menjelaskan materi pengolahan data. Sedangkan untuk fungsi yang lain adalah sebagai sempoa, papan
berpaku, dan alat peraga bangun ruang. Adapun cara penggunaan DIOPOA untuk materi pengolahan
data, semua miniatur yang akan digunakan dalam pengolahan data disusun sesuai keinginan pengguna,
data yang terdapat di lahan diorama tersebut dihitung, kemudian data tersebut digunakan dalam
pengolahan data untuk menentukan nilai terbesar dan terkecil serta mean, median, dan modus.
Diharapkan dengan media DIOPOA materi pengolahan data dapat lebih mudah dijelaskan kepada siswa,
dari yang awalnya abstrak menjadi konkret dengan menggunakan media tersebut. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | matematika | in_ID |
dc.subject | DIOPOA | in_ID |
dc.subject | pengolahan data | in_ID |
dc.title | Media Diorama Dan Sempoa (Diopoa) Pada Materi Pengolahan Data | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |