• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penguasaan Konsep Biologi Berbasis Konsep Fisika Menggunakan Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning

    Thumbnail
    View/Open
    76.pdf (566.1Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Wiwid Damayanti
    Kurnia Fani Perdana
    Sukarmin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penguasaan konsep Biologi masih banyak bergantung pada materi Biologi saja, padahal banyak disiplin ilmu lain yang dapat mendukung penguasaan konsep Biologi. Fisika merupakan salah satu ilmu yang dapat menjelaskan mekanisme dari banyak proses Biologis. Pembelajaran tematik adalah suatu konsep pendekatan belajar-mengajar yang melibatkan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Pelaksanaan pendekatan ini bertolak dari satu topik atau tema yang dipilih untuk dikembangkan guru. Tema tersebut ditujukan untuk menjadikan konsep-konsep dari bidang studi terkait sebagai alat untuk mempelajari dan menjelajahi tema. Model Problem Base Learning mendorong guru untuk melibatkan siswa di berbagai proyek berorientasi masalah dan membantu mereka menyelidiki suatu permasalahan. Model pembelajaran ini berfokus pada interdisipliner atau keterkaitan antardisiplin ilmu, meskipun berbasis pada suatu masalah tetapi dapat dipusatkan pada subyek tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan penguasaan konsep Biologi berbasis konsep Fisika menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem Base Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Adapun langkahlangkah penelitian kepustakaan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi, (1) memiliki ide umum mengenai topik penelitian; (2) mencari informasi yang mendukung topik; (3) mempertegas fokus penelitian; (4) mencari dan menemukan bahan bacaan yang diperlukan dan mengklasifikasi bahan bacaan; (5) membaca dan membuat catatan penelitian; (6) mereview dan memperkaya lagi bahan bacaan; dan (7) mengklasifikasi lagi bahan bacaan dan mulai menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Biologi sangat tepat jika dikaitkan dengan konsep Fisika yang disampaikan menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem Base Learning. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penguasaan konsep Biologi berbasis konsep Fisika yang disampaikan menggunakan pembelajaran tematik dengan model Problem Base Learning adalah suatu metode pembelajaran yang tepat.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7949
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV